ADVERTISEMENT

Jangan Salah! 7 Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Dikonsumsi Oleh Vegan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 25 Agu 2022 05:00 WIB
Jangan Salah! 7 Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Dikonsumsi Oleh Vegan
Foto: Getty Images/iStockphoto/iprogressman
Jakarta -

Pelaku vegan menjaga asupan makanannya dari bahan-bahan hewani. Ternyata ada juga bahan makanan nabati yang sebenarnya tak boleh dikonsumsi oleh vegan.

Berkembangnya pola diet kini dikenal dengan namanya vegan atau pola makan yang hanya boleh mengonsumsi produk nabati saja. Pada prinsip yang dijalankan, pelaku vegan merasa bahwa binatang memiliki hak hidup yang sama dengan manusia hingga alasan kesehatan tertentu.

Bahkan dalam praktiknya, seluruh konsumsi makanan sehari-hari benar-benar tidak melibatkan campuran produk hewani sedikit pun. Ada juga prinsip vegan yang mengatakan bahwa produk yang boleh dikonsumsi juga harus terbebas dari proses animal testing atau menguji coba produk menggunakan hewan.

Walaupun terlihat terbuat dari bahan yang dipastikan berasal dari tumbuhan ternyata ada beberapa makanan yang justru tak boleh dikonsumsi oleh pelaku vegan. Beberapa makanan ini secara tak sadar memiliki kandungan hewani di dalamnya. Cek daftarnya.

Berikut ini 7 makanan yang ternyata tak cocok dikonsumsi untuk pelaku vegan menurut Veggie Vagabonds:

Jangan Salah! 7 Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Dikonsumsi Oleh VeganBeberapa olahan produk susu non-hewani nyatanya masih menggunakan campuran bahan hewani. Foto: Getty Images/iStockphoto/iprogressman

1. Produk 'bebas susu'

Banyak yang terkecoh dengan bahan-bahan makanan yang dilabeli 'bebas dairy' di rak supermarket. Walaupun tidak menggunakan susu dan turunan olahannya, produk ini nyatanya masih mengandung bahan hewani.

Beberapa bahan pengganti yang digunakan pada produk bebas susu ini misalnya seperti daging ayam atau bahkan udang yang tidak cocok untuk vegan. Menurut para pengamat, jika menemukan kondisi seperti ini periksa kembali label bahan pembuat pada kemasan dan pastikan menemukan stempel atau tanda vegan yang tercetak.

2. Jelly

Sebagian besar jelly memang banyak yang dibuat dengan menggunakan campuran rumput laut sebagai bahan utamanya. Sekilas jelly mungkin terlihat cocok untuk para pelaku vegan yang bisa disantap sebagai makanan penutup yang manis dan menyegarkan.

Nyatanya jelly masih bisa mengandung bahan-bahan hewani yang tidak disadari keberadaan. Sebagian besar jelly lainnya tetap menggunakan bantuan tulang hewan yang dikenal dengan nama gelatin.

3. Keripik kentang

Ketika mendengar nama keripik kentang, pastinya yang terpikirkan adalah tumbuhan. Keripik kentang menggunakan bahan utama berupa kentang yang diiris tipis lalu digoreng hingga renyah.

Faktanya keripik kentang masih menggunakan campuran turunan produk hewani yang tersimpan dalam perisanya. Perisa buatan seperti rasa barbeque hingga penambahan susu bubuk sebenarnya ada dalam sekantung keripik kentang.

Makanan-makanan yang tak cocok dikonsumsi oleh pelaku vegan lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Penampakan Pisang Rojo Sewu yang Panjangnya 2 Meter"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT