Ibu-ibu! 7 Warna Talenan Ini Ternyata Punya Fungsi yang Berbeda

ADVERTISEMENT

Ibu-ibu! 7 Warna Talenan Ini Ternyata Punya Fungsi yang Berbeda

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 24 Agu 2022 06:00 WIB
Ibu-ibu! 7 Warna Talenan Ini Ternyata Punya Fungsi yang Berbeda
Foto: Becoming A Chef
Jakarta -

Seringkali ada talenan yang sengaja dibuat dengan warna yang berbeda. Ternyata dibalik warna-warna ini ada artinya.

Saat memotong bahan makanan tentunya memerlukan alas potong atau talenan yang tepat. Bukan hanya sekadar alas tetapi talenan memiliki banyak fungsi untuk menjaga kualitas dari makanan itu sendiri.

Mulai dari memudahkan untuk memotong hingga menjaga kebersihan dapur dan kesterilan makanan yang dipotong. Talenan juga dibuat dengan berbagai macam bahan dan warna yang cantik-cantik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Produksi talenan dalam berbagai warna ternyata memiliki fungsinya masing-masing dan bukan hanya sekadar keindahan saja. Warna talenan yang merah, kuning hingga ungu ternyata ada artinya masing-masing yang perlu diketahui.

Berikut ini 7 perbedaan warna talenan dan fungsinya menurut Becoming A Chef:

Ibu-ibu! 7 Warna Talenan Ini Ternyata Punya Fungsi yang BerbedaTalenan berwarna merah disarankan untuk memotong daging sapi dan ayam yang mentah. Foto: Becoming A Chef

1. Merah

Warna merah yang diberikan pada talenan ternyata memiliki arti yang penting untuk diperhatikan. Arti warna merah tersebut dimaksudkan bahwa talenan khusus untuk digunakan pada makanan yang berisiko tinggi.

Maksud dari berisiko tinggi adalah kemungkinan kontaminasi yang besar pada makanan lain. Hal ini lantaran talenan dengan warna merah seharusnya digunakan untuk memotong daging sapi dan ayam yang masih mentah.

2. Biru

Jika merah berarti daging yang mentah tetapi untuk ikan yang mentah berbeda lagi. Ada talenan dengan warna khusus yang dimaksudnya untuk memotong dan membersihkan ikan.

Talenan berwarna biru menandakan bahwa talenan tersebut cocok untuk digunakan memotong ikan yang masih mentah. Bau ikan mentah yang lebih amis harus dipisahkan agar tidak mempengaruhi bahan makanan yang lain.

3. Putih

Warna putih menjadi jenis yang paling banyak ditemukan untuk produk talenan. Ternyata putih bukan berarti netral dan bisa digunakan untuk bahan makanan apapun.

Talenan berwarna putih disarankan digunakan untuk memotong produk olahan susu misalnya seperti keju. Selain itu talenan yang berwarna putih ini juga bisa digunakan untuk memotong roti atau kue.

Warna-warna talenan yang lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Mie Ayam Bejo Super Endul"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT