ADVERTISEMENT

7 Tips Diet Sehat Ini Bikin Kulit Jadi Glowing dan Mulus

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 23 Agu 2022 06:00 WIB
7 Tips Diet Sehat Ini Bikin Kulit Jadi Glowing dan Mulus
Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra
Jakarta -

Menjaga kulit tak hanya dilakukan dengan rutin menggunakan produk kecantikan. Menjalankan diet sehat yang tepat juga berpengaruh besar pada kesehatan kulit.

Penampilan yang sempurna menjadi salah satu yang diidam-idamkan banyak wanita. Berbagai produk perawatan kulit menjadi laris manis dengan janjinya memberikan hasil kulit yang mulus dan bercahaya.

Ternyata tidak hanya bisa didapatkan melalui penggunaan produk perawatan kulit, kulit yang sehat dan bercahaya ini juga bisa diraih dengan menjalani diet yang sehat dan tepat. Mengonsumsi cukup makanan sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi dapat membantu kulit menjadi bercahaya secara alami.

Jo Lewin selaku ahli gizi menyebutkan ada beberapa tips diet yang bisa diterapkan untuk mendapatkan kulit yang mulus dan bercahaya. Kuncinya adalah memenuhi nutrisi penting seperti antioksidan dan lemak sehat melalui asupan makanan yang tepat.

Berikut ini 7 tips diet yang bisa ditiru untuk mendapatkan kulit bercahaya menurut Good Food:

7 Tips Diet Sehat Ini Bikin Kulit Jadi Glowing dan MulusMemiliki kandungan antioksidan, buah-buahan dan sayuran baik untuk menjaga kesehatan kulit. Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

1. Makan 5 porsi buah dan sayur

Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan antioksidan yang cukup kuat yang dapat menjaga kesehatan kulit. Konsumsi buah dan sayuran ampuh untuk menjaga sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Tanpa disadari pengaruh dari luar seperti sinar matahari, polusi hingga asap dapat mengganggu kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih kusam. Konsumsi buah dan sayuran seperti jeruk, wortel hingga labu disarankan untuk memenuhi kebutuhan beta karoten pada tubuh.

2. Konsumsi cukup vitamin C

Vitamin C tidak hanya baik untuk kulit saja tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan imunitas tubuh. Ahli gizi menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin C akan berdampak pada meningkatkan kecerahan kulit dan mengatasi noda hitam.

Buah-buahan yang disarankan sebagai sumber vitamin C ini misalnya seperti blueberry, jambu merah, jeruk, pepaya, ubi hingga sayuran berupa brokoli. Konsumsi vitamin C yang cukup juga dapat membantu produksi kolagen dan membuat kulit menjadi awet muda.

3. Penuhi asupan vitamin E

Selain vitamin C, kulit juga membutuhkan vitamin E untuk membantu menjaga sel-sel kulitnya. Vitamin E memiliki peran penting guna mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit.

Menambahkan asupan vitamin E pada setiap waktu makan juga dapat membantu menjaga penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari. Beberapa makanan tinggi vitamin E yang disarankan misalnya seperti almond, hazelnut hingga kuaci dari biji bunga matahari.

Tips diet untuk kulit sehat bercahaya lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Kuliner Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT