7 Makanan Untuk Detoks Tubuh Ini Aman Dikonsumsi Setiap Hari

ADVERTISEMENT

7 Makanan Untuk Detoks Tubuh Ini Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 19 Jul 2022 08:00 WIB
7 Makanan Untuk Detoks Tubuh Ini Aman Dikonsumsi Setiap Hari
Foto: Getty Images/iStockphoto/grafvision
Jakarta -

Makanan sehat tidak hanya bisa menyehatkan tubuh. Tetapi ada beberapa makanan yang juga membantu mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Ini daftarnya.

Makanan sehat tidak selalu identik dengan orang yang diet atau orang sakit saja. Menjaga pola makan sehari-hari dengan mengonsumsi asupan yang tepat juga dapat membuat tubuh bugar.

Makanan sehat juga bisa membantu untuk mendetoks tubuh dan mengeluarkan racun-racun serta sisa makanan yang tidak diperlukan dari dalam tubuh. Tubuh akan terasa lebih ringan hingga metabolisme juga menjadi lebih baik.

Makanan untuk detoks tubuh ini tidak hanya bisa dikonsumsi setelah kalap makan banyak saja tetapi juga cocok untuk dinikmati setiap hari. Daftarnya makanannya yang mudah didapatkan juga tidak akan merepotkan jika ingin ditambahkan dalam menu makan sehari-hari di rumah.

Berikut ini 7 makanan sehat untuk detoks tubuh menurut Very Well Fit (25/4):

7 Makanan Untuk Detoks Tubuh Ini Aman Dikonsumsi Setiap HariKaya akan fitokimia alami, makan sayur setiap hari dapat membantu mendetoks tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/grafvision

1. Sayuran

Sayur-sayuran begitu kaya akan komponen fitokimia yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam sehari para ahli kesehatan menyarankan untuk setidaknya mengonsumsi 400 gram sayur-sayuran.

Sayur-sayuran seperti timun, seledri, bayam, kol dan yang lainnya dikatakan memiliki peran penting untuk membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi. Sayuran-sayuran ini juga mudah untuk dicampurkan ke dalam berbagai makanan dan diolah menjadi hidangan yang enak.

2. Buah-buahan

Bagi orang dewasa, konsumsi buah-buahan yang kaya akan fitonutrien sangat penting. Setidaknya setiap hari minimal mengkonsumsi 100 - 300 gram buah-buahan untuk melengkapi setiap waktu makan atau sebagai camilan.

Buah-buahan utuh seperti semangka, nanas, pepaya atau bahkan jeruk konon dapat membantu mendorong kotoran keluar dari tubuh. Konsumsi buah-buahan juga disarankan untuk dinikmati sebagai camilan yang lebih sehat dibandingkan yang tinggi kalori.

3. Karbohidrat kompleks

Walaupun terdengar mudah tetapi memilih asupan karbohidrat untuk mencukupi kebutuhan harian juga ada caranya sendiri. Sebisa mungkin konsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks yang tidak mudah dipecah oleh tubuh.

Karbohidrat kompleks ini misalnya gandum, oat, nasi merah atau bahkan ubi jalar. Berbeda dengan karbohidrat yang lain, karbohidrat kompleks cenderung lebih banyak serat dan rendah indeks glikemiknya sehingga baik untuk mendorong sisa makanan keluar dari dalam tubuh.

Daftar makanan untuk membantu detoks tubuh lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT