Ini yang Terjadi pada Tubuh Kalau Kamu Sering Makan Udang

ADVERTISEMENT

Ini yang Terjadi pada Tubuh Kalau Kamu Sering Makan Udang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 15 Jul 2022 07:00 WIB
Efek kebanyakan makan udang
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Salah satu jenis seafood yang paking digemari adalah udang. Kalau kamu terlalu sering makan udang, beberapa efek ini akan terjadi pada tubuh.

Udang merupakan jenis seafood yang umum diolah dengan beragam cara. Mulai dari dikukus, digoreng, dibakar atau dipakai sebagai campuran tumisan dan sup.

Dilansir dari Health Line (19/1), udang mengandung nutrisi tinggi, seperti selenium, vitamin B12, zat besi, zat antioksidan, hingga protein. Dalam 85 gram udang mengandung 12 gram protein dan 60 kalori.

Selain mengandung nutrisi yang tinggi hingga memberikan manfaat, udang juga bisa memberikan efek negatif kalau terlalu sering dikonsumsi. Seperti kelebihan natrium hingga kolesterol.

Baca Juga: Daging Sapi Masih Bergerak Setelah Dipotong, Ini Alasan Ilmiahnya

Berikut 5 efek yang terjadi pada tubuh jika kamu sering makan udang.

1. Asupan Protein Terpenuhi

Efek kebanyakan makan udangEfek kebanyakan makan udang Foto: Getty Images/iStockphoto

Udang mengandung protein yang tinggi. Dalam seporsi udang, kandungannya setara dengan 75% dari total kalori sebagai protein. Protein diketahui berperan besar dalam diet untuk membangun massa otot tanpa lemak.

Tak hanya untuk otot saja, tapi juga berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan tubuh. Protein juga bermanfaat untuk pengaturan enzim dan hormon, serta menjaga keseimbangan cairan yang tepat.

2. Asupan Zat Copper Bertambah

Zat copper atau tembaga termasuk mineral penting untuk tubuh manusia. Zat tembaga ini terlibat dalam metabolisme zinc dan pembentukan jaringan ikat dan neurotransmiter.

Bagi pria dewasa dan wanita dewasa harus mengonsumsi 900 mikrogram copper per hari, kecuali untuk mereka yang hamil dan menyusui. Zat tersebut bisa didapatkan dari udang yang mengandung sekitar 300 mikrogram per 85 gram.

Kalau ingin mendapatkan manfaat dari zat copper yang lebih besar bisa dengan menikmati udang kukus. Tambahkan juga dengan kentang yang mengandung sekitar 675 mikrogram per satu buah kentang berukuran sedang.

Baca Juga: Segini Harga Indomie di Luar Negeri, di Turki hingga Amerika Serikat



Simak Video "Masak Masak: Bikin Makanan Viral Bola Udang Goreng"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT