ADVERTISEMENT

Daging Sapi Masih Bergerak Setelah Dipotong, Ini Alasan Ilmiahnya

Riska Fitria - detikFood
Senin, 11 Jul 2022 11:00 WIB
Penjelasan daging kurban masih bergerak
Foto: iStock
Jakarta -

Pada pemotongan daging kurban di hari Idul Adha kemarin, ada yang kebingungan lantaran daging masih bergerak padahal sudah dipotong. Ini penjelasan ilmiahnya.

Umat muslim baru saja merayakan hari lebaran Idul Fitri. Di mana umat muslim berkurban dengan menyembelih hewan kurban, seperti sapi, kambing, domba, kerbau dan unta.

Daging hewan kurban tersebut kemudian dibagikan ke masyarakat sekitar, kerabat dan fakir miskin. Di balik kehikmatan Idul Adha, ada kejadian yang membingungkan sebagian orang.

Melalui sebuah video TikTok, ada seorang netizen yang memperlihatkan daging yang masih bergerak, padahal daging tersebut sudah dipotong. Video itu lantas membuat netizen kebingungan.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengempukkan Daging Kurban Agar Lembut Saat Dikunyah

Penjelasan daging kurban masih bergerakPenjelasan daging kurban masih bergerak Foto: iStock

Terlihat di dalam video, daging yang sudah dipotong jadi beberapa bagian itu tampak berkedut dan bergerak. Kejadian itu membuat sebagian orang merasa takut untuk mengolah dan memakannya.

Kejadian tersebut tak hanya terjadi kali ini saja. Sebelumnya, tak sedikit juga yang mengalami hal serupa dan fenomena ini dianggap wajar menurut Scientific American.

"Ketika makhluk mati, neuronnya tidak langsung berhenti bekerja. Selama masih ada cukup energi untuk mempertahankan potensial membran itu, neuron akan bekerja," ujar peneliti.

Dikutip dari Huffpost.com fenomena ini terjadi karena sistem kerja otot terpisah dari sistem kerja saraf. Meskipun sudah dipotong, otot masih bisa bergerak walau hanya sesaat.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Penjelasan daging kurban masih bergerakPenjelasan daging kurban masih bergerak karena otot hewan masih aktif Foto: iStock

Lantas apakah aman jika mengonsumsi daging tersebut?. Melansir dari Science Alert (03/07) Menurut LV Suwen dari Otoritas, daging itu sangat aman untuk dimakan, bahkan itu menandakan segar.

"Potongan daging ini sangat segar dan berasal dari hewan yang baru disembelih. Sistem saraf pusat sudah mati, tetapi ujung saraf di otot masih aktif," tuturnya.

Gerakan pada daging itu akan berhenti setelah beberapa saat. LV juga menambahkan bahwa ketika memakan daging itu tidak akan terjadi suatu gangguan kesehatan.

Jadi, daging bergerak setelah dipotong bukan menandakan hal mistis, melainkan masih aktifnya otot-otot hewan setelah disembelih.

Baca Juga: Penjelasan Soal Hukum Mengonsumsi Daging Hewan Kurban Milik Sendiri



Simak Video "Resep Oseng Mercon Daging Sapi yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT