ADVERTISEMENT

50 Resep & Tips Olahan Daging Kurban

5 Cara Alami Mengempukkan Daging Kurban Agar Lembut Saat Dikunyah

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 07 Jul 2022 17:30 WIB
5 Cara Alami Mengempukkan Daging Kurban Agar Lembut Saat Dikunyah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Gia Gusrianto
Jakarta -

Daging kurban identik dengan teksturnya yang alot. Untuk meminimalisir hal itu, coba ikuti cara alami mengempukkan daging menggunakan bahan-bahan yang gampang ditemui berikut. Ini caranya.

Hari Raya Kurban berlangsung sebentar lagi. Setelah menyembelih hewan kurban, umat muslim nantinya bakal membagikan jatah daging kurban pada orang-orang yang berhak menerimanya, sekaligus tetangga sekitar rumah.

Daging kurban, baik kambing maupun sapi, biasanya bakal langsung diolah menjadi ragam sajian lezat. Mulai dari sate, gule, hingga tongseng.

Namun ada tantangan besar untuk mengolah daging kurban. Jenis daging ini biasanya alot dan cenderung keras. Tak perlu khawatir akan hal ini, ada beberapa cara alami untuk mengatasinya.

Berikut 5 cara alami mengempukkan daging kurban agar terasa lembut saat dikunyah:

1. Daun Pepaya

5 Cara Alami Mengempukkan Daging Kurban Agar Lembut Saat DikunyahFoto: Getty Images/iStockphoto/Gia Gusrianto

Banyak orang Indonesia mempraktikkan cara ini. Mengempukkan daging menggunakan daun pepaya memang mudah dan praktis. Kamu tinggal membungkus daging dengan daun pepaya yang sudah diremas hingga keluar getahnya.

Diamkan daging sekitar 1 jam sebelum dimasak. Kamu juga bisa melakukan proses ini bersamaan dengan pelumuran bumbu sehingga nantinya bumbu lebih meresap ke dalam daging.

Ada alasan ilmiah mengapa daun pepaya bisa membuat daging empuk. Enzim papain di dalamnya berfungsi memecah protein dan melunakkan serat daging.

Dihubungi detikfood (15/7/2021), chef Stefu mengatakan cara alami ini memang banyak dilakukan, namun tidak menjamin 100% berhasil.

Ia menekankan faktor lain yang mempengaruhi keempukan daging kurban yaitu usia daging hewan dan cara memasaknya. "Tinggal direbus jadi empuk. Usia kambing tidak akan memengaruhi," sebutnya.

Ia menambahkan, "Kalau dibakar seperti sate, usia kambing sangat mempengaruhi. Kalau tua, biasanya pasti alot. Apalagi kalau daging kurban habis dipotong langsung dibikin sate, itu sulit empuk karena daging kambing harusnya ada aging/pelayuan. Jadi didiamkan dulu minimal 18 hari."

2. Nanas

Chef Stefu mengatakan cara alami mengempukkan daging kurban juga bisa memakai buah nanas yang sudah dihaluskan. Caranya mudah, tinggal lumuri potongan daging dengan nanas. Diamkan sekitar 30 menit.

Nanas mengandung enzim bromelin yang fungsinya serupa enzim papain pada pepaya. Enzim ini mampu menguraikan serat daging hingga daging menjadi lebuh empuk.

Hanya saja cara ini perlu diwaspadai karena bisa mengganggu rasa dan aroma daging nantinya. Pastikan tidak membiarkan baluran nanas terlalu lama pada daging.

Baca lagi cara alami mengempukkan daging kurban di halaman selanjutnya.



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT