ADVERTISEMENT

50 Resep & Tips Olahan Daging Kurban

Mengolah Daging Kurban dengan Resep Rumahan yang Lezat dan Sedap

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 06 Jul 2022 16:00 WIB
Olahan daging kurban
Foto: iStock/detikvisual
Jakarta -

Idul Adha 2022 dirayakan melaksanakan kurban. Daging kurban yang diterima bisa diolah jadi masakan rumahan yang lezat dan sedap untuk dinikmati bersama keluarga.

Idul Adha merupakan hari raya besar umat Islam yang diperingat setiap 10 Dzulhijjah kalender Hijriyah. Tahun ini, Idul Adha akan berlangsung pada 10 Juli 2022.

Dalam memperingati hari raya ini, umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan aktivitas yang dinamakan hari kurban. Bagi yang mampu akan menyumbangkan hewan kurban dan dagingnya akan dibagikan kepada kalangan yang tidak mampu.

Olahan daging kurbanDalam memperingati hari raya ini, umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan aktivitas yang dinamakan hari kurban. Foto: iStock/detikvisual

Baca Juga: 7 Kopi di Dunia Ini Dinobatkan Sebagai Kopi Berkafein Tertinggi

Daging kurban berupa daging sapi atau kambing biasanya langsung diolah. Ada yang mengolahnya menjadi sate, tongseng, sop, atau hidangan favorit keluarga lainnya.

Untuk daging sapi, banyak orang yang mengolahnya menjadi rendang. Karena olahannya nikmat dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Agar rendang terasa lezat, resep dan cara mengolahnya ada tips memasaknya agar daging rendang empuk. Dari mengiris daging, meracik bumbu hingga memasaknya.

Olahan daging sapi lainnya yang tak kalah lezat adalah semur, sop, hingga empal. Sebelum diolah, cara mengempukkan daging dengan bahan-bahan alami bisa diperhatikan.

Olahan daging kurbanntuk daging sapi, banyak orang yang mengolahnya menjadi rendang. Karena olahannya nikmat dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Foto: iStock/detikvisual

Baca Juga: Ini Alasan Nabi Muhammad SAW Suka Makan Semangka

Daging kambing dan sapi juga enak dihidangkan menjadi sate. Ada beberapa bumbu marinasi sate yang enak, seperti bumbu ketumbar, bumbu manis, dan lainnya. Untuk penyajiannya bisa dengan bumbu kecap dan sambal kacang.

Daging kambing yang identik dengan aroma prengusnya. Karena aroma prengus ini membuat hidangan kurang sedap. Karenanya perlu diolah dengan bumbu yang tepat.

Olahan daging kurbanDaging kambing dan sapi juga enak dihidangkan menjadi sate. Ada beberapa bumbu marinasi sate yang enak, seperti bumbu ketumbar, bumbu manis, dan lainnya. Foto: iStock/detikvisual

Paket hewan kurban yang diterima juga tak semuanya berupa daging. Ada beberapa tempat yang memberikan jeroan sapi maupun kambing.

Jeroan juga salah satu bagian yang sulit dimasak, karena aromanya tajam dan perlu waktu lama untuk memasaknya. Perlu diperhatikan cara merebus, membumbui hingga menyajikan. Jeroan juga dapat diolah jadi gule, campuran tongseng, hingga masak gongso.

Kalau tak mau segera diolah, daging kurban bisa disimpan. Perhatikan tips menyimpan daging kurban yang awet, agar dapat diolah lain waktu. Karena sebagian orang mendapat daging kurban melimpah.

Beberapa hari jelang Idul Adha kami akan membahas seputar cara mengolah daging kurban. Kami juga akan memberikan tips membuat sate hingga nasi biryani dari pemilik rumah makan dan restoran secara langsung. Jadi, pantau terus detikFood ya!

Baca Juga: Waduh! Food Vlogger Ternama Ini Kalap Makan 51 Lauk Nasi Padang



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT