6 Manfaat Minum Air Mineral Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Bahagia!

ADVERTISEMENT

6 Manfaat Minum Air Mineral Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Bahagia!

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 07 Jul 2022 06:00 WIB
6 Manfaat Minum Air Mineral Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Bahagia!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen
Jakarta -

Air mineral selalu disebut sebagai komponen yang wajib diperhatikan asupannya. Ternyata rutin minum air setelah bangun tidur bisa memberikan enam manfaat ini.

Sekitar 60% komponen dari tubuh manusia terdiri dari air. Hal ini membuat tubuh manusia membutuhkan banyak air untuk mencegah dehidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Air tidak hanya bisa didapatkan dari minum air mineral saja, bisa juga melalui makanan dan minuman yang lain. Tetapi kandungannya yang murni membuat air mineral menjadi yang paling disarankan untuk mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh.

Bahkan pakar kesehatan juga menyebutkan adanya waktu-waktu khusus yang disarankan untuk minum lebih banyak air putih. Salah satu di pagi hari tepat setelah bangun tidur yang memberikan banyak manfaat kesehatan ini.

Berikut ini 6 manfaat konsumsi air mineral secara rutin setelah bangun tidur menurut Real Simple (30/6):

6 Manfaat Minum Air Mineral Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Bahagia!Minum air setelah bangun tidur dapat mengatasi dehidrasi yang dialami tubuh pada malam hari. Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen

1. Menghidrasi tubuh

Ketika tidur tubuh tidak akan bisa minum ataupun otak mengirimkan sinyal untuk minum. Ini membuat tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi ketika bangun di pagi hari.

Minum air putih tepat setelah bangun tidur juga dikatakan dapat membantu 'membangunkan' tubuh dan organ-organnya. "Minum air tepat setelah bangun tidur dapat membantu mengisi ulang dan menggantikan cairan tubuh yang hilang saat tidur malam,"kata dr. William Li selaku sekaligus penulis Eat to Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself.

2. Meningkatkan kadar energi

Sementara itu dr. Casey Kelley selaku pakar kesehatan mengatakan bahwa banyak orang yang minum air mineral untuk membantu 'membangunkan' tubuh dan menyiapkannya memproduksi energi. dr. Kelley juga mengungkapkan bahaya kekurangan air terhadap energi tubuh.

Dehidrasi disebutkan dapat membuat tubuh merasa lebih cepat lelah dengan salah satu gejalanya yaitu sakit kepala. Menurut National Library of Medicine air mineral juga menjadi salah satu asupan yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh pertama kali setelah bangun tidur.

3. Memperbaiki kesehatan mental

Minum air mineral setelah bangun tidur yang ampuh untuk menyiapkan tubuh beraktivitas ternyata punya dampak yang lebih jauh. Mampu membantu tubuh lebih produktif, minum air mineral setelah bangun tidur juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

Ketika tubuh merasa lebih produktif maka perasaan bahagia akan lebih mudah didapatkan. "Pada dehidrasi ringan sekalipun dikaitkan dengan kehilangan ingatan dan konsentrasi dalam jangka pendek, maka penting untuk terus memperhatikan asupan air minum," kata dr. Kelley.

Manfaat minum air mineral rutin setelah bangun tidur lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT