7 Makanan Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 4,9 Miliar, Ada yang dari Indonesia

ADVERTISEMENT

7 Makanan Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 4,9 Miliar, Ada yang dari Indonesia

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 06 Jul 2022 13:00 WIB
7 Makanan Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 4,9 Miliar, Ada yang dari Indonesia
Foto: Delicious dan Wealthy Gorilla
Jakarta -

Persediaan yang langka membuat beberapa bahan makanan dipatok dengan harga tinggi. Bahkan ada yang mencapai Rp 4,9 miliar. Ada yang berasal dari Indonesia!

Tidak hanya sajian makanan berlapis emas dan berlian yang dibanderol dengan harga tinggi, ada juga beberapa bahan makanan mentah yang dijual dengan harga fantastis. Ketersediaannya yang langka menjadi salah satu alasan makanan ini dipatok dengan harga mahal.

Bahkan hampir di setiap negara ada satu makanan termahal yang harganya menguras isi dompet. Mulai dari jamur yang langka hingga keju yang dihasilkan oleh sapi berkualitas tinggi.

Ternyata ada juga beberapa bahan makanan berharga fantastis yang berasal dari Indonesia. Dari ayam hitam cemani hingga air liur burung walet.

Berikut ini 7 makanan yang dinobatkan sebagai termahal di dunia dirangkum dari berbagai sumber:

7 Makanan Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 4,9 Miliar, Ada yang dari IndonesiaMenjadi varian jamur truffle termahal, White Alba Truffle ini dibanderol Rp 4,9 miliar per kilogram. Foto: Delicious dan Wealthy Gorilla

1. White Alba Truffle

Jamur truffle memang telah dikenal sebagai jamur termahal yang pernah ada di dunia. Ada jenis jamur truffle hitam dan ada juga yang putih. Jenis jamur white alba yang disebut-sebut sebagai jamur truffle termahal.

Jamur langka yang tumbuh di dataran Italia ini biasanya dimanfaatkan sebagai topping pada pasta tagliatelle. Jamur White Alba Truffle termahal yang pernah dijual harganya mencapai Rp 4,9 miliar per kilogramnya.

2. Jamon Iberico de Bellota

Datang dari bagian barat Spanyol, ada sebuah olahan yang terbuat dari kaki babi Iberico yang dianggap istimewa. Babi Iberico yang diambil kakinya untuk hidangan ini hanya diberi makanan berupa jagung dan biji-bijian saja.

Teksturnya yang lembut buttery dengan rasa umami yang khas membuat daging kaki babi ini dianggap sebagai daging babi paling istimewa. Harganya bisa dipatok hingga Rp 53 juta per kilogramnya.

3. Ayam Cemani

Memiliki warna yang hitam legam membuat ayam cemani dianggap sebagai ayam yang istimewa. Di Indonesia sendiri, ayam cemani dianggap sarat akan ilmu sihir dan kepercayaan magis lainnya.

Tetapi banyak mempercayai juga bahwa konsumsi daging ayam cemani dapat menyembuhkan banyak penyakit hingga membawa keberuntungan. Di pasar Internasional daging ayam cemani bahkan dibanderol hingga Rp 37,4 juta per ekor.

Makanan termahal di dunia lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

Saksikan juga: Bocil - bocil dengan Outfit Maksimal Tampil di 'Citayam Fashion Week'

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT