ADVERTISEMENT

Bukan Getok Harga, Seblak Komplet di Papua Ini Harganya Rp 50 Ribu

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 04 Jul 2022 17:00 WIB
Bukan Getok Harga, Seblak Komplet di Papua Ini Harganya Rp 50 Ribu
Foto: TikTok/hendradasba35wtk
Jakarta -

Akses yang cukup sulit membuat beberapa barang di Papua dipatok dengan harga yang mahal. Salah satunya seperti makanan seblak ini yang harganya bikin terkejut.

Jaraknya yang cukup jauh dari ibu kota membuat beberapa benda di Papua dijual dengan harga yang tinggi. Ketersediaan bahan yang harus didatangkan dari jauh menjadi salah satu faktor penentunya.

Jika dibandingkan dengan pulau Jawa harga barang-barang hingga makanan di Papua tentu akan berkali-lipat lebih mahal. Bahkan tidak jarang penduduk pulau Jawa akan terkejut dengan harga makanan di Papua yang dianggap begitu mahal.

Salah satunya adalah jajanan sederhana khas Bandung yang begitu populer bernama seblak. Di Papua, harga seblak tidak bisa dibilang sebagai jajanan sederhana yang murah meriah seperti di pulau Jawa.

Bukan Getok Harga, Seblak Komplet di Papua Ini Harganya Rp 50 RibuSeporsi seblak di Papua dipatok dengan harga Rp 50.000. Foto: TikTok/hendradasba35wtk

Mengutip akun TikTok @hendradasba35wtk (1/7) seorang anggota Kepolisian yang sedang bertugas di Papua memperlihatkan momen dirinya jajan makanan kaki lima. Pada video singkatnya terlihat seorang pedagang seblak yang menjajakan dagangannya dengan mengenakan sepeda motor.

Pemilik akun yang bernama Hendra ini menanyakan harga seporsi seblak yang dijual oleh pedagang tersebut. "Berapa ini harganya suster?" kata Hendra kepada penjualnya.

Penjual tersebut langsung menjawab harganya senilai Rp 50 ribu. Bahkan Hendra sendiri mengakui bahwa harga seblak di Papua begitu mahal jika dibandingkan dengan harga seblak di Papua.

"Berapa harga seblak komplet di tempat kalian? Kenapa harga di sini mahal? Ya aksesnya semua lewat pesawat toh," tulis Hendra pada kolom keterangannya.

Bukan Getok Harga, Seblak Komplet di Papua Ini Harganya Rp 50 RibuIsinya ada bakso, telur, ceker, kerupuk dan lainnya. Foto: TikTok/hendradasba35wtk

Dikonfirmasi oleh detikcom (4/7) lokasi Hendra membeli seblak ini tepatnya berada di Jayapura Papua. Saat diperlihatkan isinya, seblak yang dibeli Hendra dilengkapi dengan potongan bakso, ceker ayam, telur dan tentunya kerupuk.

Video yang diunggahnya kini telah dilihat lebih dari 1,2 juta kali oleh pengguna TikTok. Ribuan netizen yang terlihat membanjiri kolom komentar tampak kebingungan hingga mereka yang mengomentari dengan kocak.

"Di tempat aku Rp 28.000 sudah pakai seafood lengkap pakai ceker ayam sama isi-isian lainnya," tulis salah satu netizen.

"Harus banget jualan seblak di sana ini mah," sahut netizen lain.

"Aku yang orang Bandung kaget. Kalau di sini harganya cuma Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja," jawab netizen yang lainnya.



Simak Video "Makan Seblak Pedas Pakai Cobek di Subang, Seperti Apa Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT