Ladies! 5 Makanan Enak Ini Bantu Redakan Nyeri Haid

ADVERTISEMENT

Ladies! 5 Makanan Enak Ini Bantu Redakan Nyeri Haid

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 04 Jul 2022 05:00 WIB
Makanan enak untuk meredakan nyeri haid
Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz
Jakarta -

Jelang datang bulan, beberapa wanita kerap alami nyeri atau kram perut yang tidak tertahankan. Ternyata konsumsi makanan ini bisa membantu meredakan rasa sakitnya.

Datang bulan merupakan siklus reproduksi yang akan dialami wanita setiap bulannya sampai memasuki masa menopause. Sebagian wanita seringkali merasakan sakit saat datang bulan.

Kram perut yang menyakitkan kadang sampai mengganggu aktivitas. Akhirnya banyak wanita yang terbiasa mengonsumsi obat sebagai solusi dari kram perut itu.

Ternyata kram perut saat haid dapat diredakan secara alami dengan konsumsi makanan yang disarankan oleh ahli gizi. Rasanya yang enak juga membuat makanan ini bisa dinikmati sebagai camilan.

Berikut ini 5 makanan pereda kram perut saat nyeri haid menurut Times of India (29/6):

Makanan enak untuk meredakan nyeri haidKandungan azolin antinyeri pada teh chamomile dapat meredakan nyeri kram perut saat haid. Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz

1. Teh chamomile

Tidak hanya menghangatkan tubuh, teh chamomile dapat membantu para wanita meredakan kram perut yang dirasakan saat haid. Ada komponen khusus yang bantu meringankan gejala nyeri haid.

Pada teh chamomile terkandung komponen azolin yang bermanfaat sebagai antiradang dan antinyeri alami. Selain itu, ada komponen bisabolol yang ternyata dapat memberikan efek menenangkan ketika merasakan sakit yang tak tertahankan.

Selain itu teh chamomile yang diseduh hangat juga dapat merelaksasi otot tubuh ketika menahan rasa sakit saat awal haid. Aroma dari teh chamomile yang lembut semakin lengkap untuk menenangkan tubuh.

2. Yogurt rendah lemak

Ketika haid wanita membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Salah satu sumber kalsium yang disarankan adalah yogurt rendah lemak.

Menurut ahli gizi, konsumsi kalsium juga dapat meredakan rasa sakit yang dialami. Menikmatinya dalam keadaan dingin juga dinilai dapat menyegarkan tubuh yang telah bekerja keras menahan sakit kram perut yang dirasakan.

Jika ingin rasanya lebih enak, kamu juga bisa menambah potongan buah ke dalamnya. Yogurt yang segar dan menyehatkan ini cocok juga untuk dikonsumsi sebagai camilan.

Makanan enak pereda kram perut lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT