ADVERTISEMENT

Makan Buah Lewat Pukul 2 Siang Tak Bagus untuk Tubuh? Ini Kata Ahli

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 29 Jun 2022 13:00 WIB
Makan buah setelah jam 2 siang apakah baik?
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Konsumsi buah memberikan banyak manfaat bagi tubuh, namun beberapa orang meyakini mitos tidak boleh makan buah lewat pukul 2 siang. Bagaimana faktanya?

Sebagian besar buah-buahan mengandung nutrisi penting yang akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jarang sekali buah-buahan yang memberikan efek negatif, bahkan buah dengan kandungan gula tinggi sekalipun.

Namun ada mitos yang berkembang seputar waktu tepat untuk mengonsumsi buah. Sebagian orang mengatakan bahwa buah-buahan tidak boleh dimakan lewat pukul 2 siang, apalagi pada malam hari. Mitos ini pun mengundang kebingungan banyak orang.

Lantas apa benar makan buah lewat pukul 2 siang bisa menuai dampak buruk bagi kesehatan? Dilansir dari indianexpress.com (22/06), ini penjelasan ahli gizi Mohita Gupta:

1. Penjelasan Ahli Gizi Soal Mitos Makan Buah di Siang Hari

Makan buah setelah jam 2 siang apakah baik?Ahli gizi di India mengungkap bahwa mitos yang beredar mengenai waktu yang tepat untuk makan buah tidak ada satupun klaim yang benar. Foto: iStockphoto

Banyak orang memperdebatkan waktu yang tepat untuk makan buah. Akhirnya ahli gizi di India yaitu Mohita Gupta buka suara.

Ia meluruskan soal mitos tidak boleh makan mangga setelah pukul 2 siang. Ada juga yang bilang mangga tidak boleh dimakan setelah pukul 4 sore. Mereka yang meyakini mitos ini menganggap makan buah pada malam hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan, gangguan pencernaan, hingga diabetes.

Namun Mohita Gupta mengungkap bahwa tidak ada satupun klaim tersebut yang benar. Lewat Instagram pribadi miliknya @keeping_it_narrow, Mohita mengatakan terlalu banyak mitos yang tidak didasari oleh fakta.

"Buah tidak akan memberi asupan kalori ganda ataupun menjadi racun pada malam hari. Jadi berhentilah takut mengonsumsinya," ungkap Gupta.

Buah adalah sumber serat yang bagus untuk pencernaan dan mengandung nutrisi esensial seperti potasium, serat makanan, vitamin C, hingga folat yang baik untuk tubuh.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT