7 Sumber Protein Nabati untuk Dikonsumsi Vegan dan Vegetarian

ADVERTISEMENT

7 Sumber Protein Nabati untuk Dikonsumsi Vegan dan Vegetarian

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 28 Jun 2022 05:00 WIB
7 Sumber Protein Nabati untuk Dikonsumsi Vegan dan Vegetarian
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatyana Berkovich
Jakarta -

Pelaku diet vegan dan vegetarian membatasi dirinya untuk mengonsumsi olahan daging hewan. Untuk menggantikan sumber proteinnya, 7 makanan enak ini bisa menjadi alternatif.

Sebagian orang yang menjalani diet melakukan pembatasan cukup ketat terhadap pola makannya. Bahkan bagi pelaku vegan dan vegetarian mereka membatasi konsumsinya terhadap olahan produk hewani dan turunannya.

Bagi pelaku vegan dan vegetarian, daging sapi, susu, keju hingga berbagai olahannya bukanlah asupan yang bisa dikonsumsi. Tentunya pembatasan ini harus dicari alternatifnya agar kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang dari konsumsi produk hewani bisa tetap tercukupi.

Makanan yang berasal dari tumbuhan atau nabati menjadi satu-satunya sumber makanan utama bagi pelaku vegan dan vegetarian. Para ahli gizi menyarankan bahan alternatif untuk menggantikan kebutuhan protein hewani melalui beberapa bahan nabati.

Berikut ini 7 sumber protein nabati alternatif untuk pelaku vegan menurut VegNews (14/6):

7 Sumber Protein Nabati untuk Dikonsumsi Vegan dan VegetarianWalaupun kecil ukurannya, kacang-kacangan punya kandungan protein yang tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatyana Berkovich

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berbeda dengan kacang. Istilah kacang-kacangan yang dimaksud kali ini adalah beberapa jenis kacang yang diolah bersamaan maupun dikonsumsi secara bergantian.

Kacang-kacangan dalam keadaan matang dengan porsi 125 gram bahkan disebutkan dapat mencukupi kebutuhan protein hingga 12 - 15 gram. Kacang-kacangan juga cukup murah mudah untuk diolah, misalnya seperti kacang merah, kacang kedelai hingga jenis kacang-kacangan lainnya.

2. Tahu

Menggunakan bahan dasar kacang kedelai membuat tahu memiliki kandungan protein yang tinggi dengan rasa yang lezat. Tekstur tahu yang lembut membuatnya cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan.

Setiap jenis tahu juga disebutkan memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Untuk tahu yang lebih padat terdapat kandungan 9 gram protein per 85 gramnya. Sedangkan tahu yang lebih lembut memiliki kandungan 4 gram protein pada jumlah porsi yang sama.

3. Tempe

Olahan kedelai asal Indonesia ini dikatakan sebagai sumber protein nabati yang paling baik dan disarankan di seluruh dunia. Ketika diet vegan dan vegetarian menjadi populer tempe seolah menjadi makanan yang paling banyak dicari.

Konsumsi tempe bahan dikatakan hampir setara dengan konsumsi bacon atau irisan daging sapi. Hal ini lantaran pada 85 gram tempe dapat mengandung 18 gram protein. Selain itu cara memasaknya juga cukup mudah untuk dikreasikan.

Alternatif sumber makanan nabati tinggi protein lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT