ADVERTISEMENT

9 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Elektrolit Agar Tubuh Tak Lemas

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 06:00 WIB
Makanan yang cocok untuk tingkatkan elektrolit.
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Agar tetap sehat, tubuh perlu kadar elektrolit yang seimbang. Mengonsumsi 9 makanan ini bisa membantu tingkatkan kadar elektrolit agar tak lemas.

Elektrolit adalah mineral yang bila dikombinasikan dengan cairan seperti air, akan memicu impuls listrik dalam tubuh. Impuls inilah yang nantinya akan membantu bahan bakar sel-sel tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

Tubuh memiliki beberapa jenis elektrolit seperti natrium, klorida, kalium, magnesium, dan kalsium yang penting untuk kesehatan. Jika elektrolit tersebut tidak seimbang, maka akan menyebabkan gangguan elektrolit. Kondisi ini nantinya bisa menimbulkan beberapa gejala seperti mual, diare, kelelahan, sakit kepala, pusing, kram otot, hingga detak jantung yang kencang.

Jika orang telah kehilangan kadar elektrolitnya, disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu. Dirangkum dari birdie.com, inilah 9 makanan yang bisa tingkatkan kadar elektrolit tubuh.

1. Garam

Garam dikenal sebagai bahan makanan yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Nyatanya kadar garam tertentu juga dibutuhkan oleh tubuh. Ahli gizi Monique Ryan mengatakan bahwa meskipun tidak menginginkan kelebihan natrium, tetapi tubuh tetap membutuhkannya.

Cara terbaik untuk mendapatkan asupan garam yaitu dengan memberi secukupnya garam pada makanan, namun gunakan garam alami seperti garam laut yang tidak dimurnikan.

2. Tempe

Makanan yang cocok untuk tingkatkan elektrolit.Produk kedelai yang difermentasikan ini dapat membantu memberi asupan elektrolit kalsium, magnesium, dan fosfor pada tubuh. Foto: iStockphoto

Tempe adalah protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Tempe juga memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu meningkatkan kadar elektrolit dalam tubuh.

Produk kedelai yang difermentasikan ini dapat membantu memberi asupan elektrolit kalsium, magnesium, dan fosfor pada tubuh.

3. Pisang

Pisang dikenal dengan kandungan potasium nya yang tinggi. Ini adalah elektrolit yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh ketika berolahraga.

Bahkan suatu penelitian menunjukkan bahwa makan pisang sebelum atau selama berolahraga berat dapat memberikan energi yang baik pada tubuh.

4. Alpukat

Makanan yang cocok untuk tingkatkan elektrolit.Alpukat mengandung potasium dan magnesium dan elektrolit ini dibutuhkan setelah seseorang selesai berolahraga. Foto: iStockphoto

Alpukat adalah buah yang lezat dan menyehatkan. Alpukat mengandung potasium dan magnesium dan elektrolit ini dibutuhkan setelah seseorang selesai berolahraga. Alpukat juga dikenal sebagai buah yang menyehatkan jantung.

Alpukat bisa dikonsumsi segar sebagai selai, campuran salad atau smoothie. Sebaiknya dimakan segar tanpa tambahkan pemanis atau susu atau krim.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung adalah makanan yang memiliki beragam elektrolit. Sayuran hijau ini memiliki potassium, magnesium, dan karbohidrat sehat yang akan membantu tubuh menyerap lebih baik mineral tersebut.

Sayuran bisa diolah menjadi resep apa saja yang kita sukai, seperti salad atau sebagai tumisan hingga sup.

6. Ubi Jalar

Makanan yang cocok untuk tingkatkan elektrolit.Nutrisi pada ubi tersebut merupakan sumber untuk meningkatkan elektrolit pada tubuh.
Foto: iStockphoto

Selain manis enak, ubi jalar menjadi makanan yang kaya akan nutrisi seperti potassium, sodium, dan vitamin. Nutrisi pada ubi tersebut merupakan sumber untuk meningkatkan elektrolit pada tubuh.

Makanlah ubi jalar dengan cara dikukus atau dipanggang. Tambahkan bahan lain yang juga mengandung elektrolit seperti kacang.

7. Air Kelapa

Jika mencari minuman yang cepat mengisi kadar elektrolit dalam tubuh, air kelapa adalah pilihan yang tepat. Selain segar dan enak, air kelapa juga penuh dengan mineral yang dapat menghidrasi tubuh.

Ahli gizi Burns dan Cotie merekomendasikan untuk minum air kelapa atau minuman olahraga berbasis kelapa COCO 5 untuk elektrolit ekstra setelah berolahraga.

8. Susu Non-Dairy

Makanan yang cocok untuk tingkatkan elektrolit.Susu yang bukan berasal dari produk hewani menjadi alternatif yang akan memberikan nutrisi seperti magnesium dan potasium dalam tubuh. Foto: iStockphoto

Susu yang bukan berasal dari produk hewani menjadi alternatif yang akan memberikan nutrisi seperti magnesium dan potasium dalam tubuh. Selain dapat meningkatkan kadar elektrolit, nutrisi tersebut juga akan lebih mudah dicerna bagi siapa saja yang sensitif terhadap produk hewani.

Untuk membantu tubuh mendapatkan kembali elektrolitnya, cobalah untuk ganti produk susu dengan susu nabati seperti susu almond atau susu oat.

9. Teh Hijau Organik

Teh hijau menjadi minuman energi yang akan menghidrasi tubuh. Teh hijau mengandung mineral, vitamin dan antioksidan yang akan mendukung fungsi otak dan metabolism yang sehat.

Kafein alami dalam teh hijau organik juga akan membantu meningkatkan daya tahan dan mengurangi peradangan. Mengonsumsi teh hijau bukan hanya mendapatkan elektrolit, namun sekaligus memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.



Simak Video "Masak Masak: Tomat Keju Menu Sarapan ala Bule"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT