ADVERTISEMENT

Sakit Perut? Ini 5 Makanan Terbaik Dikonsumsi untuk Redakan Sakit Perut

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 23 Mei 2022 05:00 WIB
Makanan untuk Meredakan Sakit Perut
Foto: iStock
Jakarta -

Sakit perut sering terjadi secara tiba-tiba karena beberapa faktor. Selain mengonsumsi obat, mengonsumsi makanan yang tepat juga bisa membantu meredakannya.

Mulai dari gangguan pencernaan hingga keracunan, semua alasan ini bisa menyebabkan rasa sakit yang berlebih. Tentu saja sangat mengganggu kenyamanan.

Dalam kondisi seperti ini, makanan bisa sangat mempengaruhi. Sehingga harus hati-hati saat melakukan pemilihan makanan.

Hindari makanan yang akan memperparah kondisi kesehatan, dan mulainya mengonsumsi makanan yang akan membuat perut tenang.

Beberapa makanan ini bisa meredakan sakit perut secara alami:

1. Pisang

Pisang memang dikenal sebagai buah yang memiliki beragam nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk mengatasi perut yang sedang sakit.

Saat tubuh mengalami diare atau mual, buah kuning berserat ini bisa membantu memulihkan kalium dan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, daging buah yang halus juga mudah untuk dicerna.

2. Jahe

Makanan untuk Meredakan Sakit PerutJahe sendiri mengandung beragam khasiat yang mampu meredakan mual dan sakit perut. Foto: iStock

Pengobatan tradisional dengan menggunakan jahe juga dikenal sangat ampuh dalam mengurangi rasa sakit. Jahe sendiri mengandung beragam khasiat yang mampu meredakan mual dan sakit perut.

Cukup dengan membuat teh jahe dengan cara mengiris dan merendamnya dalam air panas. Obat alami ini bisa membantu mengatasi masalah perut sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

3. Teh

Makanan untuk Meredakan Sakit PerutBerbagai macam teh menawarkan khasiat yang berbeda beda bagi kesehatan tubuh. Bahan teh tertentu juga mampu meredakan gejala umum yang dialami ketika sakit perut. Foto: iStock

Berbagai macam teh menawarkan khasiat yang berbeda beda bagi kesehatan tubuh. Bahan teh tertentu juga mampu meredakan gejala umum yang dialami ketika sakit perut.

Dilansir dari thedailymeal.com (10/08/2021), daun teh mint contohnya, mengandung mentol, menthone, dan limonen yang bisa meredakan rasa mual, kembung, dan gas pada perut.

Dalam beberapa kasus, kandungan dalam teh juga mampu mengatasi 'morning sickness' yang biasa dialami ibu hamil.

Untuk itu, persediaan teh alami sangat dibutuhkan, karena minuman praktis ini benar-benar bisa membantu mengurangi segala macam gejala sakit perut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT