7 Makanan dan Minuman Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Devi Setya - detikFood Jumat, 08 Apr 2022 05:00 WIB
yoghurt Foto: iStock
Jakarta -

Tidak semua makanan aman dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong. Seperti makanan pedas, minuman soda bahkan kopi sebaiknya dihindari ketika perut masih kosong.

Ada beberapa kondisi yang membuat perut dalam keadaan kosong, misalnya setelah seharian berpuasa atau saat bangun tidur. Dalam keadaan lapar memang orang cenderung ingin makan apapun untuk memuaskan selera. Padahal ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari ketika perut masih kosong.

Sebut saja misalnya makanan pedas yang bisa memicu kontraksi pada lambung. Atau juga kopi yang efeknya bisa membuat lambung terasa nyeri ketika diminum saat perut kosong. Jadi coba carilah makanan yang aman dikonsumsi ketika perut kosong, seperti roti atau makanan lembut lainnya.

Dilansir dari Bollywood Shadis (7/4) berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat perut kosong:

1. Makanan pedas

Dalam beberapa momen, makanan pedas memang menggoda selera. Makanan pedas juga terbukti dapat meningkatkan nafsu makan, bahkan memberi efek positif pada penurunan berat badan. Tapi bukan berarti makanan pedas bisa dikonsumsi kapanpun.

Makanan pedas pantang dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Kandungan capsaicin pada cabai akan menyebabkan iritasi pada lapisan lambung. Efeknya beragam, mulai dari sakit perut hingga rasa mual setelah makan. Jadi hindari makanan pedas ketika perut dalam keadaan kosong.

fruit and vegetable juiceIlustrasi aneka jus buah Foto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos

2. Jus buah

Kebanyakan orang menganggap jus buah aman dikonsumsi ketika lambung dalam keadaan kosong, padahal ini salah. Jus buah ataupun smoothie sebaiknya dikonsumsi ketika perut sudah terisi makanan lain.

Kandungan fruktosa pada buah akan membuat hati dan pankreas bekerja lebih ekstra setelah sebelumnya beristirahat. Jadi meskipun sehat dan rasanya enak, jus buah tidak bisa jadi minuman pertama yang dikonsumsi saat perut kosong. Hal ini juga harus menjadi perhatian bagi penderita diabetes, kandungan gula yang tinggi pada jus buah ini bisa memicu naiknya gula darah.

3. Minuman dingin dan soda

Ketika perut dalam keadaan kosong, kamu disarankan untuk minum segelas air hangat. Minuman soda dan minuman dingin termasuk yang harus dihindari. Minuman dingin merusak selaput lendir jika dikonsumsi saat perut kosong. Hal ini akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih pelan sehingga menyebabkan sakit perut.

Sementara minum soda saat perut kosong dapat merusak membran mukosa dan menurunkan suplai darah ke perut. Akibatnya, makanan sulit dicerna sehingga efeknya juga nyeri pada perut.

olahan sayuran mentahMenu sayuran mentah Foto: iStock/detikFood

4. Sayuran mentah

Sayuran mentah tidak baik dikonsumsi saat perut kosong. Teksturnya yang keras dan mengandung serat tinggi membuat sayuran mentah sulit dicerna. Jika memaksa makan sayuran mentah saat perut kosong maka efeknya akan sakit perut.

Hal ini perlu diperhatikan oleh para pelaku diet. Meskipun mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh, hindari makan sayuran mentah saat perut kosong. Pilih sayuran lembut yang sudah dimasak seperti bayam, wortel atau labu.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com