ADVERTISEMENT

Agar Tak Alami Gangguan Asam Lambung, Konsumsilah 7 Makanan Ini

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 22 Mar 2022 19:30 WIB
Makanan untuk cegah asam lambung
Foto: iStock
Jakarta -

Gangguan asam lambung dapat disebabkan karena asupan makanan dan minuman yang salah. Karenanya, konsumsilah makanan dengan kadar lemak rendah.

Asam lambung merupakan cairan dalam lambung dengan tingkat keasaman tertentu. Penyakit asam lambung dapat terjadi ketika empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan.

Orang yang mengalami gangguan asam lambung bisa merasakan rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini terjadi karena pola makan yang salah.

Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, jadi salah satu penyebab asam lambung meradang. Dikutip dari beberapa sumber, berikut 7 makanan untuk meredakan gangguan asam lambung.

1. Melon

Makanan untuk cegah asam lambungMelon mengandung pH sekitar 6,1 sehingga baik untuk mencegah asam lambung Foto: iStock

Buah melon sangat cocok dimakan jika asam lambung sedang kambuh. Melon merupakan buah yang kaya akan magnesium, yakni mineral yang sering ditemukan pada obat asam lambung.

Selain itu, melon mengandung pH sekitar 6,1 yang artinya rendah, sehingga bagus dikonsumsi penderita asam lambung. Makan buah ini tidak akan menyebabkan gejala refluks asam lambung.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Konsumsi Gula?

2. Putih Telur

Jika asam lambung naik, kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi putih telur. Ingat, kamu perlu memisahkan antara putih telur dan kuning telur. Kuning tidur sebaiknya jangan dikonsumsi.

Sebab kuning telur mengandung lemak yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan gejala refluk asam lambung. Jadi, kamu bisa mengonsumsi putih telur yang direbus.

3. Daging Tanpa Lemak

Makanan untuk cegah asam lambungDaging tanpa lemak dapat mengurangi gejala refluks asam lambung Foto: iStock

Sebagai makanan yang berlemak tidak baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Jika ingin makan daging, pilihlah daging yang tanpa lemak.

Misalnya dada ayam, dada kalkun, ikan dan aneka seafood. Jenis daging tersebut dapat mengurangi gejala refluks asam lambung. Makanan yang berlemak akan memproduksi asam lebih tinggi.

Baca Juga: 9 Makanan yang Baik untuk Asam Lambung, Sehat dan Enak



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kulineran Malam Sambil Makan Bakmi Nyemek"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT