9 Makanan yang Baik untuk Asam Lambung, Sehat dan Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 19 Mar 2021 05:00 WIB
5 Fakta Diet Bland, Diet untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock
Jakarta -

Asam lambung bisa terjadi saat ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Ini biasanya terjadi dan dapat menyebabkan nyeri ulu hati hingga munculnya rasa pahit pada pangkal tenggorokan.

Untuk meringankan gejala asam lambung, para penderita penyakit ini perlu menerapkan pola makan sehat. Makanan yang kita makan akan mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut.

Mengonsumsi jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan penyakit asam lambung.

Berikut makanan yang baik dikonsumsi penderita asam lambung:

1. Jahe

Menurut Nutrition di Clinical Practice, jahe adalah salah satu dari banyak pengobatan herbal yang dapat dikonsumsi untuk menghindari pembengkakan kerongkongan dan menekan refluks asam. Sebagai permulaan, jahe terkenal karena sifat anti inflamasi dan sering digunakan untuk mengobati kondisi gastrointestinal.

Jahe terkenal dengan kandungan melatonin. Ketika kadar melatonin terlalu rendah, asam lambung menjadi lebih rendah. Konsumsi jahe dengan cara mengiris dan mencampurkannya dengan air hangat atau dicampurkan dengan smoothies.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan yang baik untuk asam lambung. Oatmeal mengandung serat yang dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah. Konsumsi oatmeal dengan beberapa buah pisang agar perut terasa lebih nyaman.

3. Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Pisang mengandung serat larut bernama pektin yang dapat mendorong makanan lebih mudah melewati saluran pencernaan.

Kondisi ini bisa mencegah kenaikan asam lambung mengingat penumpukan makanan di usus dapat menambah kadar asam lambung.

4. Semangka

Semangka memiliki efek alkalizing pada tubuh. Semangka juga mengandung zat anti inflamasi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan otak, mata, jantung dan tulang.

5. Melon

Selain pisang dan semangka, melon juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Melon mengandung pH sekitar 6,1 (kadar asam rendah) di dalam buah melon bisa dijadikan sebagai buah yang aman untuk asam lambung.

6. Putih Telur

Putih telur menjadi pilihan yang bagus untuk penderita asam lambung. Rebus putih telur ketika asam lambung sedang tinggi.

7. Makanan yang mengandung lemak sehat

Sumber lemak sehat termasuk alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak biji bunga matahari. Lemak sehat ini sangat baik dikonsumsi setiap hari.

8. Sayuran

Sayuran secara alami rendah lemak dan gula, dan membantu mengurangi asam lambung. Pilihan yang baik termasuk kacang hijau, brokoli, asparagus, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.Sayuran juga mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk pencernaan.

9. Buah Noncitrus

Buah noncitrus, termasuk melon, pisang, dan pir, cenderung tidak memicu gejala asam lambung.



Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com