Cuaca Panas, Ini 8 Buah dan Sayuran yang Baik untuk Hidrasi Tubuh

Atiqa Rana - detikFood Jumat, 13 Mei 2022 12:30 WIB
Buah yang Cocok untuk Cuaca Panas Foto: iStock
Jakarta -

Saat cuaca panas dan terik, tubuh perlu terhidrasi dengan baik. Agar tidak kekurangan cairan tubuh, kamu bisa konsumsi buah dan sayur yang kaya air ini.

Memasuki musim kemarau cuaca terasa panas terik di siang hari. Kondisi ini membuat tubuh mudah kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Kondisi ini bisa memicu kepala pusing dan gangguan fungsi tubuh lainnya.

Selain air, asupan yang tepat untuk hidrasi tubuh adalah buah dan sayuran. Tak hanya kaya akan serat, beberapa buah dan sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Berikut 8 buah dan sayuran yang mampu menghidrasi tubuh saat cuaca panas, seperti dilansir Medical News Today (07/08/19):

1. Stroberi

Buah yang Cocok untuk Cuaca PanasStroberi kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan Foto: iStock

Stroberi adalah buah paling populer diantara jenis beri lainnya. Rasanya yang asam dan manis membuat stroberi terasa segar ketika dikonsumsi. Stroberi kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu menangkal radikal bebas sehingga bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

2. Semangka

Semangka menjadi buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi. Hal ini karena semangka mengandung air yang sangat tinggi lebih dari 90%. Rasanya manis menyegarkan sehingga bisa menjadi pelepas dahaga.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah satu ini sangatlah beragam. Semangka memiliki kandungan mineral, magnesium, dan potasium yang tinggi. Ketika cuaca sedang panas, kandungan air dan elektrolit yang tinggi pada buah semangka akan menggantikan kadar air yang berkurang dalam tubuh.

3. Jeruk

Buah yang Cocok untuk Cuaca PanasKandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk juga membantu menjaga kesehatan kulit Foto: iStock

Dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi menjadikan Jeruk sebagai salah satu buah yang banyak digemari. Rasa manis asamnya memberikan kesegaran ketika dikonsumsi terutama saat cuaca panas. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk juga membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap elastis.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com