ADVERTISEMENT

Minum Air Lemon Tak Bisa untuk Detoks Tubuh, Ini Penjelasannya

Devi Setya - detikFood
Kamis, 12 Mei 2022 05:00 WIB
Lemon infused water with mint in glasses and jug.Healthy drink, detox, dieting beverage.
Foto: iStock
Jakarta -

Selama ini banyak orang percaya bahwa minum air lemon bisa menjadi detoks yang membersihkan racun dalam tubuh. Faktanya, air lemon sama sekali tidak bisa mendetoksifikasi ataupun memberi energi.

Banyak sumber yang mengatakan bahwa minum air lemon memiliki manfaat untuk mendetoks tubuh dari racun yang mengendap. Air lemon juga dipercaya bisa meningkatkan energi serta memberi efek menenangkan. Tak heran air lemon kerap dikonsumsi saat sarapan.

Dilansir dari The Conversation (11/5) lemon memang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Dalam 100 gram lemon mengandung 53 mg vitamin C. Asupan vitamin C dari lemon ini memberi manfaat kesehatan untuk tubuh, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan kulit.

khasiat sehat minum air lemonIlustrasi air lemon Foto: iStock

Begitu banyak manfaat lemon, namun ada juga mitos yang berkembang di masyarakat.Lemon dianggap bisa menurunkan kadar kolesterol serta membersihkan tubuh dari racun yang mengendap. Padahal sebenarnya tidak.

Satu penelitian tentang lemon mengungkap orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi diberi minum air lemon secara rutin selama delapan minggu. Namun hal ini tidak memberikan perubahan apapun pada tekanan darah, berat badan, atau kadar kolesterol pada darah mereka.

Pada penelitian lain, minum air lemon sebanyak 125 ml dengan roti menyebabkan sedikit penurunan kadar glukosa darah dibandingkan dengan minum teh atau air dengan roti. Sebuah penelitian kecil juga menemukan sesuatu yang mirip dengan minum 30 ml jus lemon dengan air sebelum makan nasi.

Artinya air lemon berfungsi efektif untuk menekan lonjakan glukosa pada penderita diabetes. Meskipun berefek positif pada penderita diabetes, tapi air lemon tidak membantu proses detoks tubuh.

Tubuh secara alami bisa melakukan detoksifikasi tanpa bantuan air lemon. Proses ini terjadi di hati yang bekerja menetralisir racun melalui ginjal dan kemudian mengeluarkan racun ini melalui urin.

Tidak ada bukti vitamin C membantu proses pengeluaran racun ini. Jadi, klaim apa pun yang mengatakan bahwa air lemon mendetoksifikasi tubuh adalah tidak benar.

Rutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga ImunitasIlustrasi jerruk lemon Foto: Getty Images/iStockphoto/cometary

Justru air lemon memiliki beberapa efek samping bagi tubuh. Air lemon memiliki rasa dan sifat asam yang secara perlahan mampu mengikis lapisan email gigi. Jadi tidak disarankan untuk minum air lemon secara terus menerus dalam porsi berlebihan.

Para dokter gigi menyarankan untuk berkumur atau minum air mineral usai minum air lemon. Atau kamu juga bisa menyikat gigi setelah minum air lemon.

Vitamin C pada lemon memang terbukti baik untuk kesehatan namun bukan berarti kamu hanya bisa mendapatkan vitamin C dari lemon. Batasi konsumsinya dan cobalah mengasup berbagai vitamin C dari sumber makanan lain. Banyak buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dalam jumlah berlimpah.



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Menu Ayam Lemon Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT