ADVERTISEMENT

5 Manfaat Makan Sup, Tingkatkan Metabolisme dan Cegah Dehidrasi

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 26 Apr 2022 06:00 WIB
5 Manfaat Makan Sup, Tingkatkan Metabolisme dan Cegah Dehidrasi
Foto: iStock
Jakarta -

Sup isi sayuran atau sup ayam, merupakan masakan rumahan yang mudah dibuat dan bernutrisi tinggi. Banyak manfaat yang didapatkan dari konsumsi masakan sederhana ini.

Apapun racikannya, menu sup isi potongan sayur dengan kuah kaldu yang bening gurih, sudah menjadi comfort food atau masakan rumahan yang digemari banyak orang. Di Indonesia, orang-orang sudah familiar dengan sup ayam yang isinya komplet.

Mulai dari potongan wortel, kentang, kol, sampai tomat jadi sayuran pelengkap yang bernutrisi. Dilansir dari situs kesehatan Henry Ford Health (25/04), rupanya sup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga manfaat menghemat waktu.

Menu satu ini cocok untuk disajikan saat sahur atau berbuka puasa, agar badan tetap fit menjalani akhir Ramadan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari sup yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Menu Harian Ramadan ke-2: Hangatnya Sup Kimlo dan Sate Ayam untuk Sahur dan Buka" selengkapnya


Menyehatkan tubuh

Tak hanya populer di Indonesia, sup secara universal dimakan sebagai makanan hangat terutama di musim hujan atau musim dingin. Meski beberapa sup bisa mengandung banyak kalori karena penggunaan bahan seperti krim, susu, dan lemak daging.

Tapi kebanyakan sup yang sederhana diisi dengan aneka sayuran yang bisa menambah nutrisi dan energi tubuh. Tak heran sup disebut sebagai makanan enak sekaligus menyehatkan.

Contohnya di sup ayam, ada potongan wortel yang bermanfaat untuk mencegah kanker hingga menjaga kesehatan mata. Kemudian ada kentang, yang selain mengenyangkan juga dapat menjaga kesehatan jantung hingga tulang. Belum lagi dengan asupan protein dari ayam sampai sayuran lainnya yang digunakan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT