Tangkal Covid-19! Ini 7 Resep Jus Buah dan Sayur untuk Perkuat Imunitas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 27 Feb 2022 05:00 WIB
Tangkal Covid-19! Ini 7 Resep Jus Buah dan Sayur untuk Perkuat Imunitas
Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto
Jakarta -

Imunitas tubuh bisa diperkuat dengan asupan vitamin dan mineral. Salah satu sumbernya, jus buah dan sayur yang enak ini. Cocok diminum saat hadapi pandemi Covid-19.

Memperkuat imunitas tubuh bisa dengan berbagai cara. Selain melakukan aktivitas fisik, cukup istirahat, dan menghindari stress, memilih makanan sehat adalah kuncinya.

Makanan sehat mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan normal. Nutrisi dalam makanan sehat juga bisa memperkuat imunitas tubuh untuk melawan serangan bakteri dan virus.

Ada beberapa buah dan sayur yang terkenal dengan manfaatnya untuk perkuat imunitas. Kamu bisa meraciknya jadi jus atau smoothies agar rasanya lebih enak dan nutrisi yang didapat lebih beragam.

Berikut 7 resep jus buah dan sayur untuk perkuat imunitas di tengah pandemi Covid-19:


1. Apel, wortel, dan jeruk

Jus asam segar ini tinggi kandungan vitamin C. Kamu bisa meracik apel hijau, wortel, dan jeruk. Kombinasi nutrisi dari ketiganya bisa membantu tubuh melawan infeksi.

Ada kandungan antioksidan beta karoten dalam wortel yang mendukung imunitas tubuh yang kuat. Wortel juga mengandung vitamin B6 yang punya peranan penting untuk proliferasi sel imun dan produksi antibodi. Supaya rasa jus makin enak, kamu bisa menambahkan sedikit jahe atau lemon jika suka.

2. Bit, wortel, jahe, dan apel

Tangkal Covid-19! Ini 7 Resep Jus Buah dan Sayur untuk Perkuat ImunitasJus apel, wortel, bit, hingga jahe bagus untuk menguatkan imunitas tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Tiga sayuran akar yaitu bit, wortel, dan jahe memiliki nutrisi super untuk menguatkan imunitas tubuh dan mengurangi gejala inflamasi. Tambahkan juga apel untuk mendapat asupan mineral, potasium, dan vitamin C.

Kombinasi bahan dalam jus ini bisa mengurangi gejala batuk, pilek, dan nyeri tubuh. Aroma dan rasa buah bit yang mungkin seperti tanah bakal terbantu dengan pemakaian jahe yang aroma dan rasanya menyegarkan.

3. Tomat

Mau bikin jus simpel untuk perkuat imunitas? Coba bikin jus tomat. Di balik rasanya yang asam, manis, dan segar, tomat kaya vitamin B9 alias folat yang membantu menurunkan risiko infeksi.

Tomat juga mengandung sejumlah magnesium yang bersifat antiinflamasi. Nutrisi lainnya adalah vitamin A, B6, C, dan K. Jus tomat bakal lebih enak jika dicampur sedikit daun seledri, gula, dan garam.

4. Stroberi dan kiwi

Tangkal Covid-19! Ini 7 Resep Jus Buah dan Sayur untuk Perkuat ImunitasRasanya segar, inilah paduan jus stroberi dan kiwi. Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Punya stok stroberi dan kiwi di kulkas? Coba olah jadi jus penambah imunitas. Keduanya tinggi kandungan vitamin C yang punya peranan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Supaya makin enak dan nutrisinya makin lengkap, kamu juga bisa menambahkan susu dan Greek yogurt dalam racikan jus ini. Kandungan vitamin dan mineralnya dijamin lengkap!

Rekomendasi jus untuk memperkuat imunitas masih ada di halaman selanjutnya.