Jus Pare Terbukti Ampuh Turunkan Gula Darah dalam 2 Jam

Devi Setya - detikFood
Rabu, 23 Feb 2022 05:00 WIB
Jus pare
Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng
Jakarta -

Banyak penderita diabetes yang mengandalkan obat untuk menurunkan kadar gula darah. Padahal bisa minum jus pare yang terbukti ampuh menurunkan gula darah dalam waktu dua jam.

Para penderita diabetes diharuskan membatasi asupan makanan dan minuman manis. Ketika tubuh mengasup makanan dan minuman manis maka efeknya adalah lonjakan gula darah yang signifikan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Seperti dengan rutin minum jus pare. Meski rasanya pahit tetapi jus pare sudah lama dijadikan obat untuk menurunkan gula darah secara instan.

Jus pareJus pare Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng

Dilansir dari Daily Express (22/2) diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh mengalami gangguan produksi insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula darah.

Dengan mengonsumsi jus pare, lonjakan gula darah dapat berkurang signifikan dalam waktu rata-rata dua jam setelah makan. Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dilakukan untuk melihat pengaruh jus pare terhadap kadar glukosa darah penderita diabetes tipe 2.

Penelitian tentang jus pare ini dilakukan oleh Dr. Prajakta Jayant Nande, Assistant Professor di Rashtrasant Tukadoji Maharaj Nagpur University, India.

Penelitian ini melibatkan penderita diabetes yang mengonsumsi jus pare pekat sebanyak 75 gram dikonsumsi setiap pagi selama 90 hari. Dari hasil yang diamati menunjukkan dampak positif dari jus pare.

Hal ini berdampak positif bagi penderita diabetes pria maupun wanita. Tak hanya itu, jus pare juga terbukti memberi pengaruh pada penurunan berat badan serta indeks massa tubuh.

"Disimpulkan bahwa suplementasi jus pare selama 90 hari membawa penurunan yang signifikan pada kadar glukosa darah orang sebelum dan pasca makan pada penderita diabetes tipe 2," ujar para peneliti.

Pare mengandung tiga komponen yang bersifat antidiabetik atau berkaitan dengan penurunan kadar gula dalam darah, yaitu charanti, vicine, dan polypeptide-p.

Jus pareJus pare Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng

Pare juga memiliki kandungan lektin yang bisa memengaruhi kerja otak untuk menekan nafsu makan.

Dalam studi lain yang dilakukan tahun 2015 dan diterbitkan dalam jurnal Journal of Lipid menyebutkan ketiga komponen ini bisa bekerja sendiri-sendiri maupun bersama-sama dalam mengurangi kadar gula darah. Selain bisa dikonsumsi sebagai jus, pare juga bisa dimakan langsung atau dijadikan olahan makanan.

Selain mengonsumsi jus pare untuk menurunkan kadar gula darah, penderita diabetes juga tetap harus menjaga pola makannya. Hindari makanan dan minuman manis, menjalani olahraga, menjaga berat badan dan mengelola stres. Lakukan juga pengecekan gula darah agar gula darah tetap terkontrol.



Simak Video "Masak Masak: Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare Sebelum Diolah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)