ADVERTISEMENT

7 Tips Cara Makan saat Sahur Agar Asam Lambung Tak Naik

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 15 Apr 2022 05:00 WIB
Tips makan sahur untuk penderita asam lambung
Foto: iStock
Jakarta -

Asam lambung kerap dialami ketika sedang berpuasa. Karenanya perhatian beberapa tips pola makan ini ketika sahur agar asam lambung tidak naik.

Asam lambung merupakan kondisi di mana asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding di dalamnya. Ketika asam lambung naik maka akan terasa nyeri panas di dada.

Biasanya, asam lambung terjadi karena kebiasaan pola makan yang salah. Selama berpuasa, pola makan akan sedikit berubah dari biasanya. Karenanya ketika sahur harus lebih selektif dalam pemilihan menu makanan.

Seperti yang disampaikan oleh dr Zaidul Akbar. Menurutnya ketika sahur, harus mengonsumsi makanan yang mudah bertekstur lembut dan mudah dicerna agar tidak mengiritasi.

Hindarilah makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik. Sebab jika itu terjadi, bisa mengganggu ibadah puasa kamu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 tips makan saat sahur agar tidak asam lambung:

1. Hindari Makanan Pemicu Gas

Tips makan sahur untuk penderita asam lambungTips makan sahur untuk penderita asam lambung menghindari makanan yang mengandung gas seperti kol Foto: iStock

Makanan yang mengandung gas bisa menjadi penyebab asam lambung naik. Misalnya seperti sayur kol dan sawi. Sebagai gantinya, kamu harus makan sayuran yang bersifat dingin di perut.

Misalnya wortel, labu siam atau oyong. Selain itu, buah-buahan yang mengandung fruktosa seperti mangga, duku dan rambutan juga bisa menyebabkan kembung dan asam lambung.

Baca Juga: 9 Makanan yang Baik untuk Asam Lambung, Sehat dan Enak

2. Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Bagi penderita asam lambung, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, yakni makanan yang teksturnya lembut sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal, alpukat, pisang dan sejenisnya. Yang pasti, agar sistem pencernaan tidak bermasalah hindarilah makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak.

3. Hindari Makanan Pedas

Tips makan sahur untuk penderita asam lambungTips makan sahur untuk penderita asam lambung dengan menghindari makanan pedas Foto: iStock

Makanan pedas mungkin bisa menambah nafsu makan, tetapi selama ramadan pastikan untuk menguranginya. Apalagi bagi kamu penderita asam lambung.

Ketika mengonsumsi makanan pedas menyebabkan refluks lambung terjadi sehingga kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar. Bahkan efeknya akan lama dirasakan.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Konsumsi Gula?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT