5 Pola Diet Enzy Storia, Hindari Makanan Gluten hingga Berlemak Tinggi

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 12 Apr 2022 07:00 WIB
5 Pola Diet Enzy Storia, Hindari Makanan Gluten hingga Berlemak Tinggi Foto: Instagram/enzystoria
Jakarta -

Pernah divonis mengidap autoimun, Enzy Storia mengaku lebih berhati-hati memilih makanan. Ada pola makan khusus yang ia jalani hingga sekarang.

Sosok Enzy Storia dikenal sebagai host sekaligus aktris yang kocak dan menghibur. Terlebih ketika dirinya membawakan acara bersama Hesti Purwadinata, Vincent Rompies, dan Desta. Sosoknya begitu mencuri perhatian.

Ternyata di balik keceriaan yang ditampilkan Enzy Storia, dirinya pernah divonis mengidap autoimun yang cukup membahayakan kesehatannya. Bahkan dalam podcast bersama Daniel Mananta, Enzy Storia mengatakan dirinya pernah mengalami kelumpuhan.

Kondisi tubuh yang memerlukan perhatian ekstra ini membuat Enzy Storia begitu pemilih terkait makanannya dan menjalankan diet khusus untuk menjaga kesehatannya. Ada beberapa pola makan dan pantangan yang secara khusus dilakukan Enzy Storia hingga kini.

Baca juga: 5 Tips Diet Ariel Tatum yang Dianggap 'Body Goals', Contek Yuk!

Berikut ini 5 pola diet Enzy Storia yang pernah dibagikan melalui YouTube channel miliknya, Story of Storia:

Kesalahan Makan Roti yang Bisa Picu Kenaikan BBMampu memicu gejala autoimun dengan cepat, Enzy Storia diharuskan menghindari makanan dengan gluten seperti roti dan berbagai jenis makanan lainnya. Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Konsumsi makanan bebas gluten

Autoimun yang dimiliki Enzy Storia begitu memengaruhi tubuhnya dalam menerima asupan makanan yang dikonsumsi. Hal ini yang membuat Enzy Storia begitu membatasi asupan makanannya bahkan ada beberapa bahan makanan yang tidak dikonsumsinya sama sekali.

Salah satunya adalah makanan yang mengandung gluten. Makanan-makanan ini seperti roti, pasta, kue dan serealia serta beberapa daftar makanan lain yang menggunakan tepung terigu.

Konsumsi gluten pada beberapa autoimun dapat menimbulkan ruam dan efek gatal mirip seperti orang yang alergi dengan gluten. "Gue harus free gluten (bebas gluten)," kata Enzy Storia dalam channel YouTubenya.

2. Mengurangi konsumsi daging

Daging yang dikenal sebagai sumber protein paling tinggi ternyata juga harus dikurangi konsumsinya oleh Enzy Storia. Lemak jenuh yang tinggi dalam daging akan berdampak cukup buruk jika dikonsumsi berlebihan oleh dirinya.

Mengurangi konsumsi daging juga dilakukan Enzy storia setelah berkonsultasi dengan dokter yang secara khusus memantau perkembangan kesehatannya. Terutama pada daging merah, konsumsinya benar-benar harus dibatasi.

"Jadi dokter gue juga bilang harus berhenti makan daging dulu.. Pokoknya dietnya haus bener-bener jadi diet sehat dulu lah," kata Enzy Storia dalam video unggahannya.

Baca juga: Disambut Meriah! Nenek 92 Tahun Ini Kembali Buka Kedai Mie Usai 'Cuti'

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com