Serunya WNI Buka Puasa di 5 Negara, Jajan di Korea hingga Beli Takjil di Rusia

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 10 Apr 2022 16:30 WIB
Serunya WNI Buka Puasa di 5 Negara, Jajan di Korea hingga Beli Takjil di Rusia
Foto: YouTube
Jakarta -

Merantau jauh dari rumah pastinya ada perbedaan besar yang dirasakan. Termasuk ketika harus berbuka puasa di luar negeri yang begitu berbeda dengan Indonesia.

Bulan Ramadan menjadi waktu yang paling tepat jika ingin dihabiskan bersama keluarga. Tetapi bagi sebagian orang yang berada jauh di perantauan dan tidak mudah untuk pulang ke rumah pastinya menemukan kesulitan hingga keseruannya sendiri saat Ramadan di tanah orang.

Beragam momen menyenangkan justru hadir ketika mencoba untuk beradaptasi dengan budaya Ramadan di negara yang lain. Beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) bahkan harus merasakan hidup menjadi minoritas di negara yang tak banyak umat Muslimnya.

Tidak ada pasar takjil ramai setiap harinya seperti di Indonesia, ada keseruan tersendiri saat menyambut waktu berbuka puasa di negara-negara lainnya. Mulai dari jajan jajanan kaki lima yang khas hingga berkumpul bersama saudara WNI yang lainnya.

Baca juga: Disambut Meriah! Nenek 92 Tahun Ini Kembali Buka Kedai Mie Usai 'Cuti'

Berikut ini keseruan 5 YouTuber yang tinggal di negara berbeda:

Serunya WNI Buka Puasa di 5 Negara, Jajan di Korea hingga Beli Takjil di RusiaTak ada takjil seperti di INdonesia, Bianca Kartika berbuka puasa dengan gorengan dan tteokbokki di Korea Selatan.; Foto: YouTube

1. Buka Puasa di Korea

Tinggal di Korea Selatan selama beberapa tahun terakhir membuat Bianca Kartika mulai beradaptasi dengan kebiasaan menjelang berbuka puasa di Korea Selatan. Bersama suaminya, Bianca Kartika menelusuri pusat kuliner kaki lima untuk mencari makanan berbuka yang lezat.

Mirip seperti di Indonesia, Bianca Kartika tidak melupakan memesan gorengan sebagai menu takjil untuk membatalkan puasa. Layaknya jajanan kaki lima di Korea Selatan, ada menu tteokbokki yang juga dipesannya untuk disantap sebagai takjil.

Menu takjil selanjutnya, Bianca Kartika dan suami mencari penjual odeng untuk mendapatkan hidangan berkuah hangat untuk menyegarkan tubuh. Jauh berbeda dengan di Indonesia, suasana berbuka puasa di Korea Selatan hanya seperti hari-hari biasa lainnya.

2. Takjil Gratis di Masjidil Haram, Mekkah

Menunaikan ibadah haji dan umroh saat bulan Ramadan konon memiliki keistimewaannya sendiri. Menjalankan puasa di tanah suci kerap menjadi pengalaman yang diidam-idamkan banyak umat Muslim di dunia.

Berada di Masjidil Haram menjelang waktu berbuka puasa, seorang WNI bernama Mas Awiee ini ikut berbuka puasa dengan jamaah lainnya di Mekkah. Ternyata di Masjidil Haram menjelang berbuka puasa ada takjil dan makanan pembuka puasa yang selalu dibagikan secara gratis.

Dikemas perkantung, makanan buka puasa yang diberikan kepada jamaah berisikan satu kotak jus, sebuah roti, sebotol air mineral dan beberapa buah kurma. Ditemani dengan alunan merdu adzan dari muadzin MAsjidil Haram, momen buka puasa di Mekkah ini begitu syahdu.

Baca juga: Menu Harian Ramadan ke-6: Lahap Makan Ayam Kecap dan Segarnya Es Campur Buat Buka



Simak Video "Rekomendasi Jajanan Korea Favorit Kimbab Family"
[Gambas:Video 20detik]