5 Pola Makan Ini Bisa Merusak Kualitas Sperma, Bapak-bapak Wajib Tahu!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 11 Apr 2022 05:00 WIB
kualitas sperma pria Foto: thinkstock
Jakarta -

Kesuburan menjadi hal penting bagi setiap pasangan suami istri yang ingin punya anak. Ternyata pola diet yang tidak tepat pada pria bisa merusak kulitas sperma.

Untuk mendapatkan keturunan, kesuburan antara pasangan suami istri (pasutri) wajib diperhatikan. Proses pembuahan dan kesuburan rahim menjadi hal utama yang harus selalu dijaga.

Termasuk menjaga kesuburan organ reproduksi melalui pola makan dan konsumsi asupan makanan yang tepat. Konon, pola makan yang salah pada pria dapat memengaruhi kesuburan bahkan hingga merusak kualitas sel sperma.

Ada beberapa pola makan yang dikatakan oleh pakar kesehatan untuk tidak dilakukan para pria. Bukan alasan lain, anjuran tersebut semata-mata untuk menjaga kualitas sperma pada pria agar tetap sehat.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Bikin Sperma Lebih Kental, Bapak-Bapak Wajib Contek!

Berikut ini 5 pola makan yang dapat merusak kualitas sperma menurut Cloud Nine Fertility:

olahan sosis praktisKonsumsi sosis dan produk daging olahan lainnya dikatakan dapat memengaruhi kesehatan sperma pada pria. Foto: detikfood/iStock

1. Konsumsi daging olahan

Daging olahan dinilai menjadi bahan makanan yang sangat tidak sehat untuk tubuh. Efek negatifnya jauh lebih banyak dibandingkan efek positif yang dapat diberikan terhadap tubuh dan kesehatan secara menyeluruh.

Daging olahan mengandung pengawet dan garam yang tinggi hingga melalui proses panjang yang sangat memengaruhi kualitas nutrisinya. Jika berpikir untuk menikmati makanan berupa hot dog, sosis, salami dan sebagainya sebaiknya pikirkan kembali jika ingin kualitas sperma tetap sehat dan tidak terganggu.

Menurut penelitian yang dilakukan, konsumsi daging olahan membuat produksi sel sperma responden menurun hingga 23% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Selain itu daging olahan juga memiliki efek samping terhadap hormon yang dapat mengganggu ekosistem pada organ reproduksi.

2. Makan olahan susu berlemak

Jika pizza sebagai salah satu dar daftar makanan kesukaanmu, sebaiknya pikirkan ulang, Dua porsi makanan yang terbuat dari olahan susu yang tinggi kadar lemaknya ternyata dapat berdampak pada kesuburan sperma.

Olahan susu yang tinggi lemaknya ini misalnya seperti keju dan susu yang dikonsumsi secara rutin setiap hari. Bahkan pada pria muda sekalipun, makanan ini tidak disarankan untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Untuk mencegahnya ada beberapa cara alternatif agar tetap bisa mengonsumsi olahan susu dan tidak memengaruhi kualitas sperma. Misalnya seperti mengganti konsumsi susu menjadi susu skim hingga mempertimbangkan jumlah konsumsi susu dan produk olahannya dalam hitungan mingguan.

Baca juga: Gawat! Salt Bae Keluhkan Persediaan Garamnya Menipis

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Sate Tegal Laka-laka Favorit Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com