ADVERTISEMENT

Hemat! Ini 7 Tips untuk Makan Sehat Tanpa Bayar Mahal

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 29 Mar 2022 05:00 WIB
Closeup on money in piggy bank and purchases from local market on table
Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance

3. Masak sendiri di rumah

Membeli makanan memang praktis, tetapi tidak ada yang lebih menyehatkan dan hemat dibandingkan dengan memasak makanan sendiri. Walaupun berlangganan katering makanan sehat sekalipun belum tentu makanan tersebut sehat sepenuhnya.

Memasak makanan sendiri dikatakan lebih sehat dan aman untuk tubuh karena dapat memantau secara langsung bahan-bahan apa saja yang dimasukkan ke dalam makanan. Memasak makanan sendiri di rumah dianggap lebih hemat karena seluruh kebutuhan bahan-bahan bisa dipilih secara langsung dan disesuaikan harganya.

4. Jangan membuang sisa makanan

Closeup on money in piggy bank and purchases from local market on tableMemasak sekaligus dan menyimpan sisanya juga dapat menjadi cara cerdas untuk makan sehat dan tetap berhemat. Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance

Memasak makanan dalam jumlah banyak ternyata jika dihitung-hitung jauh lebih murah dibandingkan memasak dalam jumlah yang sedikit. Memasak dalam jumlah banyak bisa menghemat waktu juga menghemat biaya.

Jika memasak dalam jumlah banyak, sisa makanannya bisa saja disimpan untuk keesokan hari. Agar makanan yang akan disimpan tidak terkontaminasi, sebaiknya dipisahkan dalam beberapa wadah sehingga tidak tersentuh saat ingin mengambil sebagian makanan lainnya.

5. Jangan belanja ketika sedang lapar

Berbelanja dalam keadaan lapar sebaiknya tidak dilakukan. Menurut para pakar belanja bahan makanan dalam kondisi lapar sangat berpengaruh pada keinginan yang lebih banyak ketika melihat pilihan bahan makanan yang beragam.

Ketika seseorang lapar, diungkapkan juga akan merasa mudah tergoda dengan berbagai makanan tidak sehat seperti makanan olahan hingga camilan kemasan. Sebelum berbelanja dan merasa lapar, sebaiknya konsumsi beberapa potong buah atau yogurt atau bahkan camilan bernutrisi untuk mencegah keinginan makan makanan tinggi kalori yang berlebihan.

6. Beli makanan dalam bentuk utuh

Membeli makanan yang sudah dibungkus dalam berbagai kemasan dan ukuran mungkin terlihat akan lebih ringkas. Tetapi untuk menghemat pengeluaran, memilih bahan-bahan makanan seperti ini justru akan membuat pengeluaran semakin bengkak.

Membeli makanan dalam satuan yang lebih besar dan utuh misalnya seperti satu balok keju, sekantong kentang 1 kilogram, atau kacang segar juga dinilai lebih sehat karena tidak melalui proses pengemasan yang menambahkan bahan-bahan tambahan. Selain lebih hemat tentunya makanan yang dibeli dalam bentuk utuh akan jauh lebih sehat.

7. Pilih bahan-bahan yang lebih murah

Banyak sekali toko-toko yang menyediakan bahan makanan dengan pilihan harga yang berbeda-beda. Ada yang paling murah hingga jenis bahan yang sama namun dengan harga yang lebih tinggi. Konon makanan berharga tinggi ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan makanan yang lain.

Nyatanya, jika kamu membeli bahan makanan di supermarket atau toko besar, seluruh makanan sudah melalui proses pengecekan yang berstandar keamanan dan kelayakannya. Memilih bahan makanan yang lebih murah bukan berarti mendapatkan makanan yang berkualitas rendah tetapi hanya berusaha untuk lebih hemat.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Bikin Sperma Lebih Kental, Bapak-Bapak Wajib Contek!



Simak Video "Menikmati Pedasnya Olahan Cabai Gendot Khas Dieng"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT