ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Bikin Panjang Umur Jika Rutin Dikonsumsi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 28 Mar 2022 07:07 WIB
Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik
Foto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture
Jakarta -

Kalau ingin panjang umur, pola makan sehat harus mulai diterapkan. Menurut beberapa penelitian, ada makanan tertentu yang baik dikonsumsi agar panjang umur.

Panjang umur dengan tubuh yang sehat diidamkan setiap orang di dunia. Untuk itu, pola hidup sehat harus mulai diterapkan agar tak menyesal kelak.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi yang asupan gizinya seimbang. Ada juga beberapa pola diet yang dipercaya dapat membuat orang memiliki umur yang panjang. Seperti diet Blue Zones dan Mediteranian.

Dilansir dari Live Strong (21/3), ada juga makanan tertentu yang konsumsinya dipercaya dapat membuat seseorang panjang umur. Seperti rutin mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran hijau, tomat, hingga minyak zaitun.

Baca Juga: Ke Pasar Rumput Jangan Lupa Makan Dendeng Batokok dan Ayam Bakar Enak

Berikut 5 makanan yang dapat membuat seseorang panjang umur:

1. Kacang-kacangan

7 Manfaat Susu Almond, Turunkan Berat Badan hingga Sehatkan Jantungalmond Foto: Getty Images/Rocky89

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang di Blue Zones. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh terutama jantung. Di dalamnya mengandung lemak tka jenuh dan asam lemak omega-3 yang tinggi.

"Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol LDL jahat," ujar Holtzer selaku ahli diet.

Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi adalah almond dan pistachio. "Almond memiliki kandungan vitamin E dan riboflavin tertinggi, keduanya penting untuk penglihatan dan kesehatan kulit serta fungsi sel," kata Holtzer. Sedangkan pistachio tinggi kandungan mangan, fosfor, dan potasium.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat populer di negara Mediterania seperti Yunani, Spanyol, dan Italia. Kamu tetap bisa menconteknya kalau ingin panjang umur dengan mengikuti pola diet Mediteranian.

Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang baik untuk kesehatan jantung. Holtzer mengatakan, "Penelitian telah menunjukkan kalau mereka dapat mengurangi LDL kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular."

"Minyak zaitun sangat tinggi polifenol, senyawa yang berfungsi sebagai zat antioksidan. Zat ini dapat melawan kerusakan sel dan peradanan dalam tubuh," jelas Holtzer.

Baca Juga: Ramen For The Soul: Sluuurp! Gurih Semerbak Ramen Berkuah Matcha

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT