Hari Gizi Nasional 2022, Ini 5 Pola Makan Sehat untuk Cegah Obesitas

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 25 Jan 2022 15:30 WIB
Pola makan cegah obesitas
Foto: iStock

3. Hindari Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh dikenal dengan efeknya yang buruk bagi kesehatan. Lemak jenuh merupakan senyawa yang terbentuk dari molekul hidrogen yang hanya mengandung ikatan tunggal antar molekul.

Karenanya lemak jenuh menjadi padat ketika berada di suhu kamar. Menurut studi tahun 2018, makanan tinggi lemak jenuh berkontribusi terhadap obesitas.

Sebagai gantinya, peneliti menyarankan mengasup lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda pada alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Namun, itu juga perlu dibatasi. Peneliti merekomendasikan mengasup lemak sehat sebanyak 20%-35% dari kalori harian. Bagi penderita kolesterol dianjurkan lebih rendah lagi.

Baca Juga: Berat Badan Ratusan Kilo, Ini 5 Kisah Penderita Obesitas dan Pola Makannya

4. Coba Pola Makan Nabati

Pola makan cegah obesitasPola makan nabati bisa menurunkan risiko terjadinya diabetes Foto: iStock

Pola makan nabati telah dikaitkan dengan kesehatan keseluruhan yang lebih besar dan tingkat obesitas yang jauh lebih rendah. Pola makan ini mengharuskan banyak makan sayur dan buah.

Bahkan juga mengganti camilan tidak sehat dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, kacang walnut dan pistachio.

Kacang tersebut bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, usahakan untuk mengurangi sumber protein yang kaya akan lemak jenuh. Misalnya daging merah atau produk susu hewani.

5. Masak Makanan Sendiri

Pola makan cegah obesitasMakan makanan yang dimasak di rumah bisa mengurangi risiko diabetes Foto: iStock

Sebuah studi menemukan fakta bahwa memasak makanan sendiri di rumah cenderung tidak menambah berat badan. Bahkan mereka juga lebih kecil kemungkinannya untuk terkena diabetes tipe 2.

Menurut peneliti Rachel Tumin dari Ohio Colleges of Medicine Government Resource Center in Columbus, orang dewasa cenderung akan makan lebih banyak ketika menonton TV.

Begitu juga dengan makan di luar yang besar kemungkinannya kurang sehat jika dibandingkan dengan makanan yang dimasak di rumah. Dengan masak di rumah bisa menakar gula dan garam sehingga lebih terkontrol.

Baca Juga: Hari Obesitas Sedunia 2021, Ini 5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Potato Cheese Bread ala Korea di Tengah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)