5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas dan Jaga Tubuh Tetap Sehat

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 19 Agu 2021 06:00 WIB
ilustrasi obesitas Foto: thinkstock
Jakarta -

Obesitas atau berat badan berlebih memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh. Para ahli kesehatan menyarankan lima pola makan ini untuk mencegah obesitas.

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu masalah di seluruh dunia yang masih sulit diatasi. Bahkan pada saat pandemi dan pemberlakuan lockdown, data terkait peningkatan obesitas atau berat badan berlebih dilaporkan oleh Better cenderung.

"Diet berkualitas tinggi akan hampir secara otomatis merujuk pada pengendalian kalori yang lebih baik, kamu akan makan makanan dengan tingkat kekenyangan yang lebih tinggi," kata Jo Ann Manson, selaku profesor pengobatan di Harvard Medical School.

Untuk mengatasi obesitas dan penumpukan kalori yang menumpuk akhir-akhir ini sebenarnya bisa diatasi jika ingin diperbaiki. Para ahli kesehatan menyarankan langkah-langkah efektif yang bisa dilakukan di rumah untuk mulai mengatasi berat badan yang berlebihan dan mencegah obesitas.

Berikut ini 5 pola makan untuk cegah obesitas menurut Eat This, Not That (15/8):

ilustrasi anak obesitasFoto: thinkstock

1. Perhatikan Metabolisme

"Salah satu cara mencegah obesitas adalah memperbaiki metabolisme agar lebih cepat, metabolisme yang cenderung lambat dapat menambahkan berat
badan dalam waktu cepat," kata Kirsten Davidson selaku profesor dan dekan riset di Boston College.

Menyesuaikan konsumsi kalori dengan kecepatan metabolisme tubuh sangat diperlukan untuk mengendalikan dan mencegah penumpukan kalori di dalam
tubuh. Selalu berpatok pada 100 hingga 200 kalori jika kamu memiliki metabolisme yang cenderung lambat.

Selain itu, untuk mempercepat metabolisme kamu juga bisa mulai mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya melalui teknik mindfull eating dimana kamu harus membangun emosi dan fokus terhadap makanan yang kamu konsumsi.

Baca juga: Hari Obesitas Sedunia 2021, Ini 5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com