Hari Obesitas Sedunia 2021, Ini 5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas

Riska Fitria - detikFood Kamis, 04 Mar 2021 12:30 WIB
Hari Obesitas Sedunia 2021, Ini 5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas Foto: iStock
Jakarta -

Di Hari Obesitas Sedunia 2021 ini penting untuk mencegah obesitas. Cara mencegahnya bisa dengan menerapkan beberapa tips pola makan sehat.

Tepat pada hari ini, Kamis 4 Maret 2021 diperingati sebagai Hari Obesitas Sedunia. Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebih akibat tidak seimbangnya asupan energi dan energi yang dikeluarkan.

Dan di Hari Obesitas Sedunia ini, World Health Organization (WHO) mengingatkan akan pentingnya untuk mencegah obesitas sejak dini. Caranya adalahnya dengan melakukan gaya hidup sehat.

Selain rutin berolahraga, tidur yang cukup penting juga untuk menjaga pola makan sehat. Ada beberapa tips pola makan yang bisa mencegah obesitas.

Dilansir dari Very Well Health, berikut 5 tips pola makan sehat untuk cegah obesitas:

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Hari Obesitas Sedunia 2021, Ini 5 Pola Makan untuk Cegah ObesitasHari Obesitas Sedunia 2021, Ini 5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas Foto: iStock

Mengonsumsi buah dan sayur paling tidak dalam sehari sebanyak lima hingga tujuh porsi. Buah dan dan sayur merupakan makanan rendah kalori, sehingga dapat mencegah obesitas.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh World Health Organization (WHO). Menurut WHO, ada bukti yang meyakinkan bahwa makan buah dan sayur bisa menurunkan risiko obesitas.

Pertama, buah dan sayur mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi dan dikaitkan dengan risiko diabetes juga resistensi insulin yang lebih rendah. Apalagi buah dan sayur punya banyak kandungan serat.

Serat tersebut yang secara khusus membantu kamu merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori. Dengan begitu akan membantu juga untuk mencegah penambagan berat badan.

Baca Juga : Berat Badan Ratusan Kilo, Ini 5 Kisah Penderita Obesitas dan Pola Makannya

2. Hindari Makanan Olahan

Hari Obesitas Sedunia 2021, Ini 5 Pola Makan untuk Cegah ObesitasHari Obesitas Sedunia 2021, Ini 5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas Foto: iStock

Makanan olahan seperti roti putih dan makanan ringan dalam kemasan adalah sumber umum kalori kosong dan cenderung dapat bertambah. Makanan olahan juga dikonsumsi secara masif dapat menyebabkan obesitas.

Seperti yang ditemukan dalam sebuah studi tahun 2019 bahwa orang yang makan makanan olahan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Dan sebaliknya, orang yang makan lebih sedikit memiliki berat badan yang normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Lembutnya Kebab Sapi Jumbo 1 Meter"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com