ADVERTISEMENT

Meski Rasanya Manis, 5 Buah Ini Justru Bisa Turunkan Gula Darah

Devi Setya - detikFood
Minggu, 02 Jan 2022 05:00 WIB
Meski Rasanya Manis, 5 Buah Ini Justru Bisa Turunkan Gula Darah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

4. Apel

Apel mengandung senyawa alami seperti quercetin dan asam klorogenat yang secara otomatis membantu mengatur gula darah dan melindungi dari diabetes. Menurut sebuah penelitian, makan apel 30 menit sebelum makan nasi efektif mengurangi gula darah setelah makan.

Apel juga termasuk makanan tinggi serat, bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan sebagai campuran pada salad buah. Apel juga punya rasa yang manis enak sehingga bisa dikonsumsi langsung. Satu butir apel setiap hari membantu menjaga kesehatan.

Buah pepayaMeski Rasanya Manis, 5 Buah Ini Justru Bisa Turunkan Gula Darah Foto: iStock

5. Pepaya

Pepaya kaya akan antioksidan yang membantu mengatur kadar gula darah. Para peneliti telah melakukan serangkaian pengamatan bahwa penderita diabetes rentan terhadap penyakit lain termasuk penyakit jantung dan beberapa penyakit kardiovaskular lainnya.

Dalam kasus ini, pepaya efektif membantu menghalangi kerusakan sel dalam tubuh. Efeknya, kesehatan organ lain seperti jantung pun akan terjaga. Sebagai bonus, pepaya yang tinggi serat juga membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengoptimalkan penurunan berat badan.

Saksikan juga: Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam

[Gambas:Video 20detik]




(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT