Jadi Bumbu Masakan, 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood
Rabu, 29 Des 2021 08:00 WIB
Jadi Bumbu Masakan, 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk
Jakarta -

Beberapa bumbu dapur bukan hanya bisa membuat masakan jadi enak tapi juga bisa menurunkan berat badan. Sebut saja misalnya kunyit, jahe dan cabe yang memberi efek positif pada penurunan berat badan.

Memasak dengan bumbu dapur tentu akan membuat rasa masakan jadi lezat. Namun di balik itu, aneka bumbu dapur ternyata bermanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk membantu melunturkan lemak.

Cara alami ini bisa diandalkan sebagai pilihan program diet karena bahannya mudah didapat dan harganya murah. Jika pandai meraciknya, bumbu dapur ini juga bisa jadi makanan atau minuman yang enak.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa bumbu dapur yang bisa bantu turunkan berat badan:

1. Kunyit

Dilansir dari Healthline (27/12) sebuah studi yang dilakukan tahun 2009 oleh Tufts University mengungkap bahwa kunyit secara alami membantu tubuh untuk membakar lemak. Penelitian yang melibatkan dua kelompok tikus ini menunjukkan bukti bahwa tikus yang diberi makan kunyit mengalami penurunan berat badan.

Efek hangat dari bumbu dapur berwarna kuning ini mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain menurunkan berat badan, kunyit juga bisa memberikan manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh.

Cara mengonsumsinya cukup mudah, kunyit bisa langsung ditambahkan dalam bumbu masakan ataupun dijadikan sebagai campuran minuman herbal.

Jadi Bumbu Masakan, 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanJadi Bumbu Masakan, 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk


2. Kayu manis


Kayu manis terkenal sebagai rempah penghasil aroma harum yang khas. Kayu manis juga dikatakan dapat menahan rasa lapar, mengontrol kadar gula darah, dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Kayu manis bisa dengan mudah ditambahkan sebagai campuran minuman. Kamu bisa menyantap salad buah dengan sedikit taburan bubuk kayu manis. Atau membuat teh dan kopi dengan tambahan kayu manis. Meskipun demikian, pastikan tetap mengontrol asupan makan.

3. Cabe


Cabe rawit terbukti dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini berpengaruh pada proses pembakaran kalori. Semakin optimal sistem metabolisme seseorang, maka semakin banyak kalori yang bisa dibakar.

Menambahkan cabe rawit pada makanan dapat membantu seseorang membakar hingga 100 kalori per makanan. Namun cabe rawit juga mengandung capcaisin yang juga menambah selera makan. Hati-hati, terkadang makanan pedas justru membuat kalap dan lupa diet.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]