7 Makanan Enak Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

ADVERTISEMENT

7 Makanan Enak Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 01 Jan 2022 07:00 WIB
Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital
Jakarta -

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi makanan asin dan berlemak. Namun, hipertensi juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah sistolik melebihi 140 mmHg, sementara tekanan diastolik melebihi 90 mmHg.

Hipertensi dapat disebabkan karena beberapa faktor. Mulai dari keturunan, gaya hidup yang tak sehat merokok minum minuman alkohol hingga kebiasaan makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak makan asin atau berlemak.

Tekanan darah tinggi dapat dikendalikan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium dan magnesium dalam jumlah yang tinggi. Asupan tersebut terkandung di beberapa makanan sehat ini.

Baca Juga: 8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung

Dilansir dari Medical News Today berikut 7 makanan ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami:

1. Buah Berry

7 Makanan Enak Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Ilustrasi Foto: iStock

Buah beri termasuk blueberry, raspberry dan strawberry mengandung senyawa antioksidan sejenis flavonoid yang disebut anthocyanin. Menurut penelitian buah beri mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 34.000 orang yang menderita hipertensi. Mereka menemukan bahwa seseorang yang memiliki asupan Antosianin tertinggi memiliki penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8%.

2. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan potasium dan mineral dalam jumlah yang banyak. Dua mineral ini berperan penting dalam mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung potasium sekitar 422 mg. Menurut Heart Association, potasium dapat mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

3. Bit

alasan untuk rutin minum jus buah bit7 Makanan Enak Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Foto: Getty Images

Penelitian dilakukan pada tahun 2015 juga melaporkan bahwa mengonsumsi buah bit dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Peneliti menyarankan untuk mengonsumsi satu cangkir buah bit setiap hari selama empat minggu. Untuk dapat menurunkan tekanan darah sekitar 8/4 mmHg. Buah bit bisa dibuat jus atau campuran salad.

Baca Juga: 7 Panduan Pola Makan Sehat untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi



Simak Video "Bikin Laper: Rekomendasi Tongseng dan Gulai Kambing Endul di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT