8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 17 Apr 2021 03:00 WIB
8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung Foto: istock
Jakarta -

Pola makan sehat sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Berikut ini beberapa pola makan yang harus dihindari menurut ahli karena mengancam kesehatan jantung.

Jantung merupakan organ tubuh vital karena fungsinya untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Kesehatan jantung yang bermasalah akan sangat berdampak bagi kesehatan tubuh dan organ tubuh lainnya secara luas.

Menjaga kesehatan jantung perlu diperhatikan terutama ketika mulai memasuki usia dewasa. Salah satunya dengan menerapkan pola makan yang sehat dan menghindari makanan tinggi lemak.

Para ahli seringkali mengingatkan untuk menghindari beberapa jenis makanan seperti daging merah hingga konsumsi garam yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa pola makan juga disarankan untuk dihindari agar jantung tetap sehat.

Berikut ini 8 pola makan sehat untuk mencegah penyakit jantung sekaligus menjaga kesehatan jantung, menurut Eat This, Not That! (13/4):

8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung8 Tips Pola Makan Sehat untuk Cegah Penyakit Jantung Foto: istock

1. Berhenti Makan Gorengan

Menurut ahli gizi Mary Wirtz, menghindari makanan yang digoreng adalah cara ampuh untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan-makanan yang digoreng seperti ikan goreng, kentang goreng dan yang lainya juga bahkan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, obesitas dan tekanan darah tinggi.

"Peneliti telah menemukan bahwa konsumsi gorengan secara rutin dapat meningkatkan risiko jantung koroner 22%, stroke 37% dan gagal jantung 37%," kata Wirtz.

2. Menyesuaikan Porsi Makan

Porsi menjadi permasalahan kedua yang timbul setelah kandungan yang ada dalam makanan. Bahkan pada makanan yang sehat sekalipun sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi berlebihan agar efeknya tak berubah menjadi buruk.

"Aku pikir sangat penting untuk mendapatkan ukuran porsi yang tepat. Jika kamu makan makanan yang sehat tetapi dalam jumlah yang terlalu banyak apakah masih bilang dibilang sehat?" kataBehmanesh selaku dokter obesitas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com