6 Pola Makan Sehat agar Umur Panjang, Cegah Penyakit Jantung hingga Kanker

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 05:00 WIB
6 Pola Makan Sehat agar Umur Panjang Foto: Getty Images/Cecilie_Arcurs
Jakarta -

Pola makan merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan. Ada beberapa pola makan sehat yang disebut bisa memperpanjang umur. Apa saja ya?

Kunci utama untuk berumur panjang adalah dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Demi mencapai hal tersebut dibutuhkan komitmen yang sangat kuat untuk menjalankan pola hidup sehat.

Menurut penjelasan Dr Aamer Khan, seorang dokter dan pakar pengobatan regeneratif di Inggris, menjaga pola makan yang sehat sebenarnya cukup mudah. Seseorang hanya perlu memastikan bahwa ikan, unggas dan daging yang mereka konsumsi berasal dari sumber yang sehat.

Salah satunya mengonsumsi daging yang berasal dari hewan yang diberi pakan organik dan ikan yang berasal dari laut atau sungai alami. Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam asupan makanan untuk mendapat umur yang lebih panjang.

Dilansir dari Express UK (15/2), inilah 6 pola makan sehat agar umur panjang:

1. Pilih Daging dari Peternakan yang Sehat

6 Pola Makan Sehat agar Umur Panjang6 Pola Makan Sehat agar Umur Panjang Foto: Getty Images/Cecilie_Arcurs

Daging sapi atau ayam yang didapat dari peternakan yang sehat akan menghasilkan daging yang berkualitas. Proses perawatan yang tepat membuat hewan-hewan ternak bisa mengonsumsi makanan dan air yang sehat juga. Hal inilah yang kemudian membuat daging mereka lebih berkualitas.

"Ini (daging sapi peternakan yang sehat) akan lebih baik untuk usus dan planet, pastikan untuk tidak konsumsi terlalu banyak dan tetap mengikuti pedoman dengan porsi tidak lebih besar dari telapak tangan atau sekitar 75 gram," kata Dr. Khan.

Baca Juga: Jamie Oliver: Ini 14 Makanan Super yang Perlu Dikonsumsi Jika Ingin Berumur 100 Tahun

2. Konsumsi Karbohidrat Utuh

Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah akan lebih sehat dibandingkan dengan karbohidrat indeks glikemik tinggi. Angka indeks glikemik merupakan suatu sistem peringkat yang digunakan untuk mengukur karbohidrat pada makanan.

Kadar indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat karbohidrat dicerna menjadi gula. Menurut Dr. Khan, sumber karbohidrat utuh yang tidak diolah seperti buah dan sayuran akan lebih sehat untuk tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com