Penting! Ini 9 Makanan Sehat untuk Jantung

Tri Suharyati - detikFood Kamis, 20 Feb 2020 10:00 WIB
salad Makanan sehat untuk jantung. Foto: iStock
Jakarta -

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh. Tentu saja kesehatan jantung harus tetap terjaga agar tidak terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung juga menjadi penyakit mematikan terbanyak. Namun, penyakit jantung bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat. Misalnya mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Dikutip dari situs Health Clevelandclinic.org dan MedicalNewsToday , ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan jantung yang bisa kamu konsumsi.

Ini dia makanan sehat untuk Jantung:

1. Kacang-Kacangan

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: iStock/FAO Indonesia


Kandungan serat,protein, mineral, vitamin dan antioksidan yang terdapat pada kacang-kacangan mampu mencegah resiko penyakit jantung. Mengonsumsi kacang-kacangan sangat dianjurkan karena kacang berfungsi untuk menurunkan kolestrol jahat (LDL). Mengonsumsi kacang juga bisa bisa menurunkan risiko pembekuan darah yang memicu serangan jantung. Kamu bisa konsumsi kacang hitam, almond atau hazelnut.

2. Buah Berries

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: iStock

Buah berries seperti storberi, bluberry, rasberry dan jenis berry lainnya juga baik kamu jadikan makanan untuk kesehatan jantung. Selain rasanya yang enak buah berries juga memiliki kandungan aktioksidan, Vitamin A, Vitamin C yang tinggi dan fitonutrien yang merupakan senyawa yang dapat melindungi kerja jantung.

3. Sayuran Hijau

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: iStock

Sudah terbukti jika sayuran merupakan makanan sehat. Sayuran hijau seperti bayam, kale dan sayuran hijau lainnya juga baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan jantung kamu. Kandungan vitamin, mineral, antioksidan bahkan vitamin K yang terdapat pada sayuran hijau berfungsi untuk melindungi arteri dan mencegah penyumbatan darah.

4. Ikan Berlemak

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: dok.thinkstock

Ikan berlemak seperti salmon, kembung, tuna dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Kamu bisa mengonsumsi ikan tersebut tiga kali dalam seminggu guna menurunkan tekanan darah sistolik.

5. Alpukat

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: iStock

Selain enak dan mudah didapatkan, alpukat juga bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung kamu loh. Kandungan potasium dan nutrisi pada jantung bisa mencegah risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

6. Tomat

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: iStock

Tomat kaya akan likopen dan antioksidan yang mampu melawan inflasi pada jantung. Antioksidan pada tomat juga dapat mencegah kerusakan oksidatif di jantung dan pembuluh darah. Kamu bisa mengonsumsi tomat setiap hari.

7. Gandum Utuh

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: shutterstock

Gandum utuh seperti oatmeal juga bisa kamu jadikan makanan sehat untuk jantung. Gandum utuh bisa menahan lapar kamu selama berjam-jam, sehingga kamu akan terasa lebih kenyang dan menghindari cemilan tidak sehat yang bisa merusak jantung kamu. Gandum utuh ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan serat gandum utuh dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL).

8. Edamame

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: Getty Images

Edamame adalah hidangan pembuka di restauran jepang atau yang lebih dikenal kedelai. Edamame kaya akan protein yang mampu menurunkan kadar kolestrol pada tubuh. Mengonsumsi secangkir edamame mengandung 8gram serat untuk menjaga kesehatan jantung. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara merebus edamame dan memakannya selagi hangat.

9. Tahu

Makanan sehat untuk jantung.Makanan sehat untuk jantung. Foto: tahutest

Selain mudah dicari, tahu juga bisa menjadi makanan sehat untuk jantung. Tahu mengandung mineral, lemak tak jenuh ganda dan serat yang tinggi. Kandungan yang terdapat pada tahu dapat membantu jantung menjadi lebih sehat dan menghindari penggumpalan darah.



Simak Video "Bikin Jantung Sehat, Buat Manisan dari Terong Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)