5 Fakta Daging Babi, Nutrisinya Ternyata Bagus untuk Otot

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 27 Nov 2021 08:00 WIB
5 Fakta Daging Babi, Nutrisinya Ternyata Bagus untuk Otot Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

2. Vitamin dan mineral pada daging babi

Daging babi adalah sumber berbagai vitamin dan mineral, termasuk thiamine, selenium, zinc, vitamin B12, vitamin B6, niacin, fosfor, dan zat besi.

Kandungan lainnya, daging babi merupakan sumber creatine yang berfungsi untuk membangkitkan energi. Lalu ada taurine, asam amino antioksidan yang bisa menyehatkan jantung dan fungsi otot.

Kemudian ada glutathione, antioksidan penting yang belum diketahui jelas manfaatnya untuk tubuh. Terakhir, daging babi mengandung kolesterol sehingga konsumsinya terlalu banyak tak disarankan.

3. Memelihara massa otot

5 Fakta Daging Babi, Nutrisinya Ternyata Bagus untuk Otot5 Fakta Daging Babi, Nutrisinya Ternyata Bagus untuk Otot Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

Layaknya bahan makanan hewani lainnya, daging babi adalah sumber protein berkualitas tinggi. Daging babi bagus dikonsumsi mereka yang ingin menjaga kesehatan massa otot, terutama mereka yang sudah tua dimana penurunan massa otot secara alami terjadi seiring bertambahnya umur.

Dalam kondisi terparah, massa otot yang tak terjaga bisa menyebabkan gangguan kesehatan, termasuk sarcopenia. Konsumsi daging babi bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Daging babi juga bisa meningkatkan fungsi otot dan performa fisik seseorang. Hal ini karena kandungan protein, taurine, creatine, dan beta-alanine di dalamnya. Beta-alanine merupakan asam amino yang digunakan tubuh untuk memproduksi carnosine, yang penting untuk fungsi otot.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com