Daging Babi Vegan Mulai Jadi Menu Restoran, Begini Rasanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Nov 2021 13:00 WIB
Daging Babi Vegan Mulai Jadi Menu Restoran, Begini Rasanya Foto: Asia One/Facebook/City Nomads
Jakarta -

Impossible Foods memproduksi daging babi vegan berbahan 100% nabati. Menu ini sekarang mulai dijual di restoran Singapura. Seperti apa tampilan dan rasanya?

Impossible Foods jadi pusat perhatian karena memproduksi makanan alternatif pengganti daging hewani dengan 'daging' nabati. Mereka memformulasikan bahan-bahan nabati hingga memiliki tekstur, aroma, hingga rasa yang persis makanan berbahan daging sungguhan.

Di Singapura, Impossible Foods bahkan mulai memasarkan produk daging babi vegan secara masif. Diluncurkan pada 18 November 2021, menu berbahan Impossible Pork rencananya bakal ditawarkan di 36 restoran.

Bahan pembuatan daging babi vegan

Daging Babi Vegan Mulai Jadi Menu Restoran, Begini RasanyaDaging Babi Vegan Mulai Jadi Menu Restoran, Begini Rasanya Foto: Asia One/Facebook/City Nomads

Impossible Foods membuat daging babi vegan dari konsentrat protein kedelai, minyak biji bunga matahari, hingga minyak kelapa. Kemudian ada satu bahan kunci yaitu heme, molekul tinggi zat besi, yang punya peranan besar untuk membuat daging vegan terasa 'daging'.

Meski tidak menggunakan babi sama sekali, di negeri Singa, produk Impossible Pork tidak bisa mendapat sertifikat halal. Dibandingkan dengan daging babi sungguhan, Impossible Pork punya kelebihan untuk lingkungan.

Proses produksi daging babi vegan ini menggunakan 81% lebih sedikit air dan menghasilkan 77% lebih sedikit gas emisi rumah kaca. Impossible Pork juga tergolong produk bebas nitrat.

Baca Juga: Resto di Singapura Ganti Daging Babi dengan 'Daging' Imitasi dari Kedelai

Menu berbahan daging babi vegan

Tingkat konsumsi daging babi yang tinggi di Singapura membuat produk ini diprediksi bakal mudah diterima. Karenanya restoran-restoran di sana berlomba menawarkan menu berbahan daging babi vegan.

Mengutip Asia One (24/11/21), menu tersebut antara lain claypot tahu seafood dengan Impossible Pork, okonomiyaki dengan Impossible Pork, hingga bak kwa alias dendeng China berbahan daging babi vegan ini.

Impossible Foods mengatakan dalam survei konsumen, mereka menemukan 54% partisipan di Hong Kong lebih memilih Impossible Pork dari pada menu berbahan daging babi sungguhan dalam eksperimen 'blind taste'. Lalu seperti apa ya rasa menu Impossible Pork di Singapura? Benarkah mirip daging babi sungguhan?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Makanan dari Kandungan Kedelai Ini Berisiko untuk Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com