10 Makanan Rendah Karbohidrat dan Kalori yang Bagus Buat Diet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 27 Nov 2021 05:00 WIB
Tingkatkan Gairah Seksual, Konsumsi Seledri Secara Rutin
Foto: Getty Images/iStockphoto/Napadon Srisawang

4. Mentimun

Terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi, mentimun juga rendah kalori dan karbohidrat. Tiap 1 cup mentimun mengandung 16 kkal dan 3 gram karbohidrat. Dengan kandungan air yang tinggi, mentimun juga tergolong makanan yang bagus untuk menghidrasi tubuh.

Kamu juga bisa mengasup vitamin K, A, C, potassium, dan klorofil dari rajin makan mentimun. Selain dimakan langsung sebagai lalapan, kamu juga bisa menjadikan mentimun camilan sehat dengan cara dijadikan keripik.

5. Telur

Apa Itu Diet Telur Rebus? Ini 5 Aturan dan FaktanyaFoto: Getty Images/iStockphoto/junpinzon

Telur merupakan makanan andalan pelaku diet. Ternyata telur juga termasuk makanan rendah karbohidrat dan kalori. Tiap 1 butir telur ukuran besar mengandung 78 kkal dan 0,6 gram karbohidrat.

Makan telur juga memberi tubuh asupan protein, vitamin, B, A, D, E, K, dan kolin. Kolin sendiri punya peranan penting dalam hal pertumbuhan sel dan memelihara kesehatan otak serta tulang.

6. Plain greek yogurt

Yogurt yang sehat adalah yang alami tanpa tambahan pengawet ataupun pemanis buatan. Konsumsi plain greek yogurt bisa jadi pilihan saat kamu diet rendah karbohidrat. 1 cup yogurt ini mengandung 220 kkal dan 18 gram karbohidrat.

Manfaat lain dari konsumsi yogurt adalah mengasup probiotik ke tubuh. Probiotik punya peranan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika ingin rasa manis pada yogurt, coba kombinasikan dengan potongan buah segar.

7. Jeruk

Makanan rendah karbohidrat dan kalori ini terasa menyegarkan. 1 cup jeruk mengandung 62 kkal dan 12 gram karbohidrat. Selain itu, jeruk mengandung vitamin C tinggi dan merupakan sumber potassium.

Makan jeruk juga mengenyangkan karena buah ini tinggi kandungan air dan serat. Paling bagus mengonsumsi jeruk dalam kondisi buah segar dan utuh, bukan jus ataupun air jeruk demi mendapat manfaat maksimal.



Simak Video "Menyantap Coto Makassar di Bangunan Limasan 300 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]