10 Makanan Penurun Berat Badan Paling Efektif Menurut Ahli

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Nov 2021 07:00 WIB
Pistachio Foto: iStock
Jakarta -

Mengonsumsi makanan yang tepat adalah kunci dari penurunan berat badan ideal. Para ahli kesehatan mengungkap, inilah 10 makanan penurun berat badan paling efektif.

Diet atau menurunkan berat badan adalah proses yang tidak mudah, namun sangat mungkin dilakukan. Salah satu kuncinya adalah mengonsumsi makanan sehat, namun bukan sembarang makanan sehat, melainkan makanan sehat yang memiliki nutrisi tepat.

Nutrisi dalam makanan tersebut akan membantu tubuh menyingkirkan lebih banyak kalori ataupun lemak yang menghambat penurunan berat badan. Ada juga sejumlah nutrisi lain yang membantu proses diet lebih mudah.

Mengutip Eat This, Not That! (23/11/21), ada 10 makanan penurun berat badan paling efektif menurut para ahli gizi dan dokter. Berikut kesepuluhnya:

1. Alpukat

Cara pilih alpukatFoto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Jadi buah favorit pelaku hidup sehat, alpukat ternyata sangat bagus dikonsumsi pelaku diet. "Alpukat adalah makanan kaya vitamin, tinggi serat, dan rendah karbohidrat (9 gram per sajiannya). Selain itu alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang bantu tubuh melawan inflamasi dan penyakit," kata ahli gizi Monisha Bhanote.

MUFA pada alpukat juga punya peranan penting yaitu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan menambahkan asupan lemak sehat ke dalam pola makan, proses penurunan berat badan bakal lebih mudah karena naiknya tingkat pembakaran lemak. Coba konsumsi rutin seperempat alpukat utuh untuk mendapat manfaat sehat ini.

2. Quinoa

Populer di negara Barat, quinoa kini juga digandrungi banyak pelaku hidup sehat di Indonesia. Quinoa tergolong bijian utuh yang tinggi protein dan serat. "Konsumsi makanan tinggi serat, seperti quinoa, bakal bikin kamu kenyang dan cegah makan berlebih," jelas ahli gizi Amanda W. Izquierdo.

Tiap 1 cup quinoa (185 gram) mengandung 8 gram protein dan 5 gram serat. Quinoa bisa dinikmati dengan cara direbus. Caranya mudah, tinggal merebus quinoa selama 12-15 menit dengan volume air 3 kali lipat dari jumlah quinoa. Bijian sehat ini bisa dijadikan sebagai pengganti nasi dan dimakan bersama aneka lauk.

3. Telur

Protein adalah zat gizi penting saat diet. Sayangnya menurut ahli gizi Sunny Brigham, banyak orang masih belum mencukupi kebutuhan protein hariannya. "Banyak yang tidak mengonsumsi protein saat sarapan, lalu mereka hanya makan sedikit protein saat makan siang dan makan banyak protein di malam hari," kata Brigham.

Menurutnya, seseorang hanya bisa mencerna dan menyerap sekitar 20-25 gram protein dalam sekali makan. Jadi ketika seseorang hanya makan protein di malam hari, besar kemungkinan asupan protein harian mereka masih kurang. Asupan protein yang bagus untuk diet bisa bersumber dari telur, oatmeal, kacang-kacangan, selai kacang nongula, dan bubuk protein berkualitas bagus. Pada telur, penelitian bahkan membuktikan mereka yang sarapan telur turun berat badan lebih banyak dibanding mereka yang sarapan dengan menu tinggi karbohidrat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Galendo, Makanan Khas Ciamis Terbuat dari Saripati Minyak Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com