Jangan Dihindari! 5 Makanan Berlemak Ini Justru Harus Dikonsumsi Saat Diet

Devi Setya - detikFood
Senin, 15 Nov 2021 08:00 WIB
minyak salmon
Foto: iStock

2. Alpukat


Seperempat cangkir alpukat mengandung lebih dari 6 gram lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. "Lemak memiliki peran penting dalam menyediakan energi bagi tubuh, menjaga suhu tubuh, melindungi organ vital, dan memungkinkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak di usus," kata Kristen M. Roberts, PhD, RDN, asisten profesor di Sekolah Ilmu Kesehatan dan Rehabilitasi di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio di Columbus.

Selain lemak sehat, alpukat juga mengandung serat dan nutrisi seperti vitamin E, vitamin C, magnesium, zat besi, folat, kalium, dan beta-karoten. Alpukat juga punya rasa yang lezat dan bisa dijadikan pilihan santapan untuk sarapan, camilan ataupun campuran dalam minuman.

alpukatalpukat Foto: istimewa

3. Minyak Zaitun


Salah satu jenis minyak terbaik untuk memasak adalah minyak zaitun, karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, kata Dr. Roberts. Dalam satu sendok teh minyak zaitun mengandung 4,5 gram lemak.

Pedoman Diet 2020 untuk Orang Amerika merekomendasikan memasak dengan minyak nabati, seperti zaitun, sebagai pengganti lemak yang tinggi lemak jenuh, seperti mentega. Minyak canola, biji rami, dan kedelai juga bisa menjadi pilihan lemak nabati lainnya.

Vitamin tertentu, seperti A dan K, larut dalam lemak, artinya mereka diserap bersama dengan lemak. Jadi konsumsi sedikit lemak bersama sayuran akan memungkinkan tubuh menyerap vitamin secara maksimal.



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]