Ini 7 Sayuran Rendah Karbohidrat yang Paling Bagus untuk Diet

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 10 Nov 2021 05:00 WIB
Fakta Nasi Kembang Kol dan Cara Membuatnya Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Diet rendah karbohidrat ampuh untuk bantu turunkan berat badan dengan efektif. Konsumsi tujuh sayuran rendah karbohidrat ini diungkap ahli gizi baik untuk dikonsumsi saat diet.

Diet rendah karbohidrat diketahui sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dan mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Namun diet rendah karbohidrat juga dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin dan nutrisi karena banyak sayuran dan buah-buahan tinggi karbohidrat banyak dilupakan konsumsinya.

Saat ingin menurunkan berat badan, perlu juga diperhatikan konsumsi buah dan sayuran agar kebutuhan vitamin tetap terpenuhi. Para ahli mengungkapkan pentingnya untuk tetap memenuhi kebutuhan vitamin esensial agar fungsi tubuh tetap bekerja dengan normal.

Ada beberapa sayuran yang ternyata mengandung karbohidrat yang cukup rendah dan dikatakan aman untuk dikonsumsi saat diet. Selain membantu memenuhi kecukupan nutrisi dan vitamin tubuh, deretan sayuran yang direkomendasikan ini juga tidak akan mengganggu pola diet yang dilakukan.

Berikut ini 7 sayuran rendah karbohidrat yang baik untuk diet menurut Insider (22/10):

Manfaat Minyak Zaitun yang Rutin Dikonsumsi Rasulullah SAWFoto: Getty Images/iStockphoto

1. Zaitun

Buah zaitun memang dikenal akan manfaat sehatnya secara medis, bahkan disebut dalam Alquran. Buah zaitun diketahui memiliki kandungan lemak sehat yang sangat baik. Buah zaitun yang telah diolah menjadi minyak bahkan juga diakui sebagai jenis minyak terbaik yang bisa digunakan untuk memasak.

Pada 128 gram buah zaitun diketahui mengandung jumlah kalori sebanyak 157 kalori dengan 10,3 gram lemak tak jenuh tunggal. Komponen karbohidrat yang ada di dalam buah zaitun juga diakui cukup rendah, hanya sebesar 8,2 gram atau setara dengan 3% dari berat keseluruhannya.

2. Paprika Hijau

Selain kandungan karbohidrat yang cukup rendah, paprika juga dikenal dengan kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi. Menambahkan paprika ke dalam menu makan sehari-hari bahkan juga diakui mampu mendukung sistem imunitas menjadi lebih kuat.

Pada sebuah paprika berukuran sedang diketahui bisa mengandung 23,8 kalori dengan 95.7 miligram vitamin C yang bisa memenuhi hingga 106% dari kebutuhan harian. Sedangkan kandungan karbohidratnya hanya terdapat 5,5 gram atau setara dengan 2% dari batas harian yang disarankan.

Baca juga: 7 Buah yang Bagus untuk Diet dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Galendo, Makanan Khas Ciamis Terbuat dari Saripati Minyak Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com