7 Sayuran Rendah Gula untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 05 Sep 2021 06:00 WIB
Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut
Jakarta -

Sayuran banyak direkomendasikan saat diet karena rendah gula. Selain itu sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bisa bantu turunkan berat badan. Berikut 7 sayuran rendah gula untuk turunkan BB.

Selain bernutrisi, jenis sayuran rendah gula juga cenderung lebih aman dikonsumsi. Dibandingkan buah-buahan yang umumnya mengandung karbohidrat tinggi dari kandungan gula di dalamnya, konsumsi sayuran rendah gula lebih dianjurkan.

Kandungan karbohidrat dalam tubuh akan diolah menjadi gula dan energi. Karenanya memasukkan aneka sayuran ke daftar menu diet tentu bisa membantu proses menurunkan berat badan. Nutrisi lainnya juga bisa menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari penyakit.

Sayuran juga cukup mudah diolah sehingga tidak merepotkan dan menghabiskan banyak waktu untuk menyajikannya. Menambahkan sayur-sayuran sebagai bahan pelengkap hingga pengganti camilan yang lebih sehat juga bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Berikut ini 7 sayur-sayuran yang rendah kalori cocok untuk turunkan berat badan:

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah DiabetesFoto: Getty Images/iStockphoto/tolgart

1. Mentimun

Punya kandungan air yang sangat tinggi membuat mentimun hampir tidak memiliki kalori di dalamnya. Dalam 100 gram mentimun dikatakan hanya memiliki sekitar 2,16 gram karbohidrat yang artinya kadarnya sangat rendah.

Mentimun mengandung serat larut yang bermanfaat untuk kulit, otot dan juga sendi. Bahkan serat yang ada didalamnya juga diakui sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

2. Seledri

Punya kandungan air yang begitu baik membuat seledri sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Seledri memiliki kandungan karbohidrat, lemak serta kalori yang sangat rendah.

Tingginya air dan elektrolit pada seledri dapat membantu mengurangi kembung. Sedangkan ada pula kandungan phthalates dalam seledri yang juga ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Baca juga: 7 Buah yang Bagus untuk Diet dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com