Selain Bikin Masakan Enak, 5 Bumbu Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Devi Setya - detikFood Minggu, 14 Nov 2021 05:00 WIB
A wooden bowl with cinnamon, nutmeg, cardamom, pink peppercorns and cloves on a rustic wooden table. Foto: iStock
Jakarta -

Jika memiliki masalah pada tekanan darah tinggi, jangan langsung minum obat. Coba pengobatan herbal dengan mengandalkan beberapa bumbu masak yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi.

Banyaknya penelitian yang dilakukan terhadap bahan herbal ternyata berdampak baik pada aspek pengobatan. Sebuah penelitian terbaru bahkan mengungkap beberapa bumbu masak bisa dijadikan obat untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Food NDTV (12/11) sebuah penelitian yang dilakukan di University of Penn State mengungkap beberapa bumbu dan rempah yang ditambah dalam masakan berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti di University of Penn State dan Texas University dan diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition. Dalam studi ini melibatkan sekitar 71 orang dengan risiko penyakit jantung yang kemudian dipantau pola makannya.

Tiga jenis diet ditawarkan kepada para peserta dengan perbedaan, makanan mengandung rempah sedikit, rempah dalam jumlah sedang dan rempah dalam jumlah banyak. Ada 24 jenis bumbu dan rempah yang dicampur dalam makanan seperti kemangi, kayu manis dan kunyit.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah mereka yang mengonsumsi makanan dengan jumlah rempah-rempah paling banyak, memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada yang lain. Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi 6,5 miligram atau 1,3 sendok teh bumbu dan rempah dalam sehari dikaitkan dengan tekanan darah rendah setelah empat minggu.

Berikut bumbu dan rempah yang berkhasiat mengontrol tekanan darah:

1. Bawang putih


Bawang putih mengandung beberapa zat sulfur seperti allicin yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Secara keseluruhan, hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dilansir dari Healthline (12/11) setidaknya ada 12 penelitian yang melibatkan 550 orang dengan masalah tekanan darah tinggi. Mereka membuktikan bahwa konsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik dengan rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

Pengurangan dengan jumlah ini mirip dengan efek obat tekanan darah. Bawang putih bisa dikonsumsi secara rutin sebagai bumbu dalam masakan. Tambahan bawang putih juga membuat masakan jadi lebih enak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Loh Rahasia Bumbu di Balik Masakan Minang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com