Terlalu Banyak Makan Kayu Manis, Wanita Ini Kecanduan dan Tak Bisa Berhenti

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 10 Nov 2021 12:30 WIB
Terlalu Banyak Makan Kayu Manis, Wanita Ini Kecanduan dan Tak Bisa Berhenti
Foto: BuzzFeed
Jakarta -

Kayu manis jadi salah satu rempah yang banyak digunakan di makanan sampai kue. Tapi wanita ini kecanduan kayu manis sampai membahayakan kesehatannya sendiri.

Kecanduan makan kayu manis dalam bentuk bubuk, wanita bernama Bridgette Garb ini membagikan obsesi tak sehatnya pada kayu manis beberapa tahun yang lalu.

Dilansir dari BuzzFeed (05/11), Garb di tahun 2015 lalu pernah mengalami kecanduan pada bubuk kayu manis. Ia selalu menambahkan bubuk kayu manis ke semua makanannya. Tak hanya makanan manis, makanan gurih pun tetap ia santap dengan bubuk kayu manis.

"Saya selalu menambahkan satu sendok bubuk kayu manis di oatmeal. Di kopi, di buah, yogurt, roti, bahkan sampai telur orak-arik. Saya tahu itu terdengar menjijikkan," jelas Garb.

Baca Juga: Aneh! Nenek Ini Kecanduan Makan Pasir Selama 65 Tahun

Karena kecanduannya yang tak bisa berhenti makan bubuk kayu manis ini. Ia mulai merasakan kesehatannya menurun drastis.

Terlalu Banyak Makan Kayu Manis, Wanita Ini Kecanduan dan Tak Bisa BerhentiTerlalu Banyak Makan Kayu Manis, Wanita Ini Kecanduan dan Tak Bisa Berhenti Foto: BuzzFeed

"Saya mulai sering pusing dan lemas. Saya juga jadi mengidap hypoglycemia, di mana gula darah saya jauh dari angka normal. Tubuh jadi gampang sakit, apalagi saat itu saya mengikuti beberapa kelas dansa dan sulit sekali untuk berpartisipasi. Saya tahu ini bukan hanya sekedar lelah biasa," jelas Garb.

Sang ayah yang merupakan seorang dokter, akhirnya curiga bahwa kesehatan Garb turun karena kebiasaannya makan kayu manis. Setelah ia melakukan serangkaian penelitian, ayahnya menemukan bahwa kayu manis jenis Cassia, mengandung bahan kimia alami yang disebut kumarin.

Ketika kumarin dikonsumsi berlebihan, tentunya menyebabkan beberapa gejala seperti yang dialami Garb.

"Ketika saya mengetahui informasi ini, saya akhirnya berhenti mengonsumsi kayu manis hanya untuk memastikan apakah semua ini akan menyelesaikan masalah kesehatan saya," jelas Garb.

Benar saja setelah berhenti mengonsumsi kayu manis, sekitar satu tahun masa pemulihan semua kondisi tubuhnya kembali normal. Bahkan lewat TikToknya, ia menceritakan masalah kecanduan aneh ini yang langsung viral.

Terlalu Banyak Makan Kayu Manis, Wanita Ini Kecanduan dan Tak Bisa BerhentiTerlalu Banyak Makan Kayu Manis, Wanita Ini Kecanduan dan Tak Bisa Berhenti Foto: BuzzFeed

Hal serupa juga dijelaskan oleh Dokter Nighat Arif asal Inggris. Ia mengatakan bahwa kumarin ini memang senyawa kimia alami yang ditemukan dalam beberapa tumbuhan, termasuk kayu manis. Konsumsi kumarin yang berlebihan bisa berakibat fatal pada kerusakan liver atau hati.

"Bahkan di Jerman, ada panduan khusus bahwa konsumsi kumarin dibatasi. Jerman merekomendasikan 0,1 miligram kumarin per 1 kg berat badan," jelas Dokter Nighat.

"Meski begitu kayu manis jika dikonsumsi dalam porsi normal, bisa menjadi rempah yang menguntungkan untuk kesehatan. Kayu manis berguna untuk meningkatkan kepekaan insulin di hati, dan membantu kontrol gula darah. Kayu manis kaya akan antioksidan untuk mencegah tubuh dari kerusakan sel," sambung Dokter Nighat.

Untuk itu Dokter Nighat hanya menyarankan orang-orang menggunakan 2-4 gram rempah atau bubuk kayu manis dalam sehari. Begitu juga dengan Garb, yang menjaga pola makannya terutama makanan-makanan yang mengandung rempah kayu manis.

Baca Juga: Mengapa Orang Kecanduan Minum Kopi ? Ini Alasannya Menurut Ahli



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)