5 Minuman Ini Ampuh Hangatkan Badan dan Cegah Masuk Angin

Devi Setya - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 18:00 WIB
Wedang Uwuh, traditional herb drink from Jogjakarta, Indonesia. Contains a variety of leaves: cinnamon, nutmeg and cloves leaves. Another ingredient is wood from the secang tree, ginger and lump sugar Foto: iStock
Jakarta -

Musim penghujan sudah mulai tiba, saatnya memperkuat sistem imun dan menjaga kesehatan. Salah satunya bisa lewat minuman hangat yang hangatkan badan dan cegah masuk angin.

Peralihan musim kemarau ke musim penghujan biasanya membuat suhu menurun drastis. Jika sistem kekebalan tubuh tidak kuat maka kondisi ini akan membuat tubuh cepat terserang penyakit. Belum lagi jika mengalami kehujanan yang bikin badan rentan masuk angin.

Ada beberapa minuman herbal yang rasanya enak dan juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh terutama membuat tubuh hangat. Minuman ini tidak sulit dibuat dan bahannya pun umum ditemukan di dapur rumah. Minuman ini juga murah meriah dan tak bikin kantong jebol.

Sebut saja misalnya teh jahe, wedang uwuh hingga teh lemon yang berkhasiat menghangatkan tubuh dan mengusir masuk angin. Apalagi beberapa bahan seperti jahe dan lemon memiliki kandungan antivirus alami yang membuat tubuh tidak mudah terpapar virus.

Minuman hangat ini cocok dinikmati saat pagi ataupun malam hari. Ketika tubuh merasa dingin, cobalah konsumsi minuman hangat agar tidak mudah terserang flu dan mengalami masuk angin.

Berikut beberapa minuman herbal yang bisa menghangatkan tubuh sekaligus mengusir masuk angin:

1. Teh jahe

Jahe sudah lama digunakan sebagai obat herbal dan terkenal dengan sederet manfaat sehatnya. Demikian halnya juga dengan teh yang mengandung antioksidan tinggi serta membantu mencegah gejala flu ketika dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Paduan teh dan jahe membuat minuman ini semakin berkhasiat. Teh jahe tinggi antioksidan dan memiliki efek antiinflamasi. Minum teh ini bisa membantu menyembuhkan masalah kesehatan seperti batuk, pilek, asma, mual, dan gangguan pencernaan.

Konsumsi jahe juga mencegah kamu dari infeksi virus. Untuk membuatnya cukup mudah, rebus air bersama jahe hingga mendidih lalu gunakan rebusan ini untuk menyeduh teh. Tambahkan gula batu atau madu untuk membuat rasanya jadi nikmat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menu Nasi hingga Minuman Herbal Jadi Tren Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com