5 Manfaat Air Lada Hitam, Minuman yang Bisa Perkuat Imun Tubuh

Devi Setya - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 05:00 WIB
5 Manfaat Air Lada Hitam, Minuman yang Bisa Perkuat Imun Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/mirzamlk
Jakarta -

Sejak pandemi Covid-19 merebak, banyak orang mencari alternatif makanan dan minuman yang mampu menjaga kesehatan. Salah satunya air lada hitam yang bisa diandalkan untuk menguatkan sistem imun.

Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 membuat hampir seluruh orang merubah gaya hidup. Mulai dari menjaga pola makan, banyak mengonsumsi makanan sehat dan mencari alternatif bahan herbal yang mampu menjaga kesehatan tubuh serta memperkuat sistem imun.

Salah satu alternatif minuman yang berkhasiat adalah air lada hitam. Rempah yang memiliki rasa pedas segar ini biasa dijadikan bumbu masakan. Selain membuat makanan jadi makin enak, lada hitam juga bisa dibuat minuman kaya khasiat.

Dilansir dari Food NDTV (18/10) campuran lada hitam dan air bisa dikonsumsi untuk berbagai khasiat kesehatan seperti menjaga sistem pencernaan, menurunkan berat badan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut beberapa manfaat konsumsi air lada hitam:

1. Menjaga kesehatan usus

5 Manfaat Air Lada Hitam, Minuman yang Bisa Perkuat Imun Tubuh5 Manfaat Air Lada Hitam, Minuman yang Bisa Perkuat Imun Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/mirzamlk

Sistem pencernaan yang sehat dapat mempengaruhi banyak hal termasuk suasana hati, sistem kekebalan tubuh hingga berbagai penyakit kronis. Penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam dapat membantu meningkatkan bakteri baik di usus, hal ini berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lada hitam juga memiliki fungsi sebagai bahan untuk proses detoksifikasi. Racun dalam tubuh terutama yang bersarang di sistem pencernaan bisa dibuang secara bertahap. Untuk membuat air lada hitam cukup mudah, ambil tiga butir lada hitam utuh lalu rebus bersama segelas air.

Biarkan mendidih dan tunggu sampai air berubah warna menjadi kecoklatan. Tuang ke dalam cangkir lalu nikmati selagi masih hangat. Air rebusan lada hitam ini bisa dikonsumsi pagi ataupun malam hari sebelum tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Sapi Lada Hitam yang Lembut dan Mantap!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com